Rahasia di Balik Iklan iPhone yang Selalu Menunjukkan Pukul 9.41

Rahasia di Balik Iklan iPhone yang Selalu Menunjukkan Pukul 9.41

Naviri Magazine - Meskipun dikenal dengan harganya yang relatif mahal, tak dapat dipungkiri kalau kehadiran perangkat buatan Appe selalu ditunggu-tunggu banyak orang. Itulah kenapa pada saat acara peluncuran produknya pasti menyita perhatian banyak pecinta gadget seluruh dunia.

Dalam acara peluncuran tersebut, Apple akan memunculkan gambar iPhone dengan menunjukkan waktu yang terdapat pada display wallpaper-nya. Uniknya, waktu pada jam tersebut selalu menunjukkan jam yang sama, yaitu 9.41 di setiap peluncurannya.

Kira-kira, ada cerita apa di balik jam ini? Apa mungkin ada angka yang diyakini bisa mendongkrak penjualannya?

Selain karena kualitas produk-produknya yang oke, Apple juga dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi yang cukup memperhatikan detail pada produknya. Saking detailnya, perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook ini sampai memperhatikan angka jam yang muncul pada setiap iklannya.

Angka ini bukan sekadar angka, rupanya jam 9.41 punya makna tersendiri yang jarang orang tahu. Menurut petinggi Apple, Scott Forstall, waktu 9.41 sengaja ditampilkan pada setiap layar produk Apple, untuk menyesuaikan dengan waktu kapan perangkat tersebut diluncurkan ke publik.

Apple ingin setiap kali gambar produk ditampilkan pada layar besar saat event peluncuran berlangsung, waktu tersebut sesuai dengan waktu aktual pada jam tangan audiensnya. Namun ternyata sesi presentasi tak selalu tepat berakhir dalam durasi 40 menit. Oleh karena itu diplihlah waktu 9.41.

Sementara jam 9 biasanya waktu saat mendiang Steve Jobs naik ke atas panggung, dan sesi acara peluncuran iPhone pertama pada 2007 dimulai.

Sebelum akhirnya Apple memilih 9.41 sebagai jam default yang selalu ditampilkan pada iklan iPhone, ternyata pada awal peluncuran produknya mereka sempat memakai waktu 9.42.

Awalnya mereka menggunakan pukul 9.42 karena pada jam tersebut, untuk pertama kalinya, Steve Jobs mengumumkan iPhne generasi pertamanya ke hadapan publik di tahun 2007. Waktu tersebut digunakan hingga tahun 2010, sebelum diganti ke 9.41.

Hingga saat ini, jam 9.41 masih terus digunakan Apple, bahkan saat mereka meluncurkan smartphone generasi terbarunya, iPhone 11.

Meskipun menyimpan sejarah yang berharga bagi kesuksesan yang diraih Apple saat ini, sayangnya jam 9.41 kini tak lagi jadi jam yang digunakan Apple untuk menampilkan perangkat terbarunya pada saat event peluncuran produk.

Bahkan, saat acara peluncuran iPhone 11 tanggal 10 September kemarin, Apple baru memulai acara pada pukul 10.00 AM waktu Amerika Serikat.

Meskipun begitu, tetap saja dalam iklan iPhone 11 yang ada di website Apple, waktu default-nya tetap menunjukkan pukul 9.41.

Itulah rahasia di balik waktu 9.41 yang sering ada di wallpaper produk Apple, dari tahun ke tahun.

Related

Smartphone 1390552532280508675

Recent

item