Ini 10 Superhero Indonesia yang Tak Kalah dengan Superhero Hollywood

Ini 10 Superhero Indonesia yang Tak Kalah dengan Superhero Hollywood

Naviri Magazine - Warga dunia memang akrab dengan tokoh-tokoh superhero Amerika, yang film-filmnya banyak dirilis oleh Hollywood. Namun bukan berarti hanya Amerika/Hollywood yang punya tokoh superhero. Negeri kita tercinta juga punya tokoh superhero yang tak kalah hebat!

Sama seperti tokoh-tokoh superhero Amerika yang berawal dari kisah komik, tokoh-tokoh superhero Indonesia juga berawal dari kisah komik. Berikut ini adalah sepuluh di antaranya.

Godam Manusia Besi (1969)

Dilihat dari namanya, Godam punya sifat keras seperti palu godam (palu yang besar). Kalau dilihat dari kekuatannya, Godam ibarat Superman. Sebutannya saja Godam Manusia Besi.

Karakter Godam diciptakan oleh Wid NS (Widodo Nur Slamet) pada tahun 1969. Godam bukan makhluk asli Bumi, dia berasal dari negeri bernama Godam, dari dimensi lain. Dia juga merupakan putra bangsawan di negeri Godam.

Gundala Putra Petir (1969)

Tokoh Gundala diciptakan oleh Hasmi pada tahun 1969. Komik Gundala pertama kali terbit dengan judul Gundala Putra Petir. Setting ceritanya sering digambarkan di kota Yogyakarta. Tetapi dalam film yang dibuat tahun 1982, seting ceritanya berada di Jakarta.

Sembrani (1974)

Tokoh superhero bernama Sembrani juga ciptaan Hasmi, pada tahun 1974. Kalau di Jawa ada istilah wesi berani atau besi berani alias magnet, sepertinya itulah asal kata Sembrani. Superhero ini mempunyai kemampuan yang hampir sama dengan magnet. Sembrani pertama kali muncul dalam serial Gundala 1000 Pendekar.

Aquanus (1968)

Selain menciptakan Godam Manusia Besi, Wid NS juga menciptakan karakter superhero bernama Aquanus. Nama Aquanus berasal dari kata Aqua, yang artinya air, dan Nus dari kata Dhanus. Dhanus adalah nama seorang anak dari planet Zyba.

Bangsa Zyba adalah bangsa yang mampu hidup di darat dan di air, sehingga Dhanus yang merupakan keturunan bangsa Zyba dapat bermain-main sampai ke dasar laut. Sebelum tiba di bumi, Dhanus adalah putra angkat Raja Sving di Planet Zyba.

Tetapi karena waktu itu Planet Zyba sedang diserang oleh bangsa Burbur, Dhanus yang masih bayi dilarikan dengan sebuah roket ke luar angkasa. Kemudian roket tersebut jatuh ke bumi, dan ditemukan oleh keluarga pemburu paus.

Pangeran Mlaar (1969)

Tokoh ini diciptakan oleh Hasmi, yang juga menciptakan Gundala Putra Petir. Mlaar adalah putra mahkota kerajaan di planet Covox. Namun kerajaan tersebut telah dikuasai oleh Menteri Telern dan Putri Kepala Perak yang berkhianat pada kerajaan.

Setelah ayahnya terbunuh, saat terjadi pemberontakan, Mlaar diselamatkan oleh pamannya. Berkat paman yang juga seorang ilmuwan itu, Mlaar bisa mempunyai kekuatan yang dapat melar atau elastis sampai batasan tertentu.

Kalong (1972)

Kalong atau Calong adalah tokoh komik ciptaan Hasmi, yang muncul pertama kali pada tahun 1972, dalam judul Calong Anak Kelelawar.

Ceritanya tentang seorang anak yang mempunyai kemampuan khusus, yaitu dapat terbang, kebal terhadap senjata, dan dari ujung jarinya dapat memancarkan sinar pemaham (sinar kejujuran). Sinar yang dapat membuat hewan dapat mengerti bahasa manusia, dan dapat berbicara untuk memberikan keterangan yang jujur.

Jin Kartubi (1968)

Jin Kartubi memiliki badan besar seperti raksasa, memiliki kekebalan super, dan bisa terbang. Dia sebangsa Jin yang tunduk dan patuh terhadap majikannya, bernama Maza.

Saat membutuhkan bantuan Jin Kartubi, Maza tinggal menggosok pisau belatinya, maka Kartubi akan muncul dengan tertawa terbahak-bahak. Karakter tokoh komik ini juga diciptakan oleh Hasmi pada tahun 1968.

Merpati (1977)

Merpati adalah superhero wanita yang mempunyai kemampuan terbang, mencari arah, dan pandai bela diri. Dia adalah kekasih Gundala.

Nama aslinya adalah Sedhah, profesinya wartawati. Ketika sedang menolong ayahnya yang diculik, ia terjatuh ke dalam jurang, dan ditolong segerombolan merpati yang kemudian membawanya ke Ratu Merpati.

Ratu Merpati memasukkannya ke dalam suatu ramuan ajaib, yang membuatnya memiliki kekuatan super, dan dikenal dengan sebutan "Merpati". Pada akhirnya, Gundala dan Merpati menikah, yaitu dalam komik "Pengantin Buat Gundala".

Caroq (1992)

Nama superhero ini adalah Caroq, sedangkan nama aslinya Ongko, dan pekerjaannya adalah sopir taksi. Kemampuan yang dimiliki Caroq antara ahli dalam bela diri dengan kekuatan magis dan sangat gesit. Senjata yang digunakannya berupa dua celurit panjang. Penciptanya adalah Ahmad Thoriq. Caroq sempat booming di tahun ’90-an.

Zantoro

Siluman Belati, begitulah julukan untuk superhero ini. Namanya Zantoro, ahli dalam membuat senjata tajam. Selain itu, dia juga ahli memainkan senjata-senjata yang telah dibuatnya, seperti golok, pedang, berbagai jenis belati, dan sebagainya.

Meskipun berasal dari keluarga broken home alias korban dari rumah tangga yang kurang harmonis akibat orang tuanya bercerai, hal itu tidak menjadikan Zantoro menjadi anak nakal dan berlaku negatif. Tetapi ia malah menjadi superhero yang sangat benci tindak kriminal atau kejahatan.

Related

Entertaintment 2728422563504009021

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item