Ini Penyebab Telur Ayam Ada yang Cokelat dan Ada yang Putih

Ini Penyebab Telur Ayam Ada yang Cokelat dan Ada yang Putih

Naviri Magazine - Warna telur berasal dari pigmen di lapisan luar kulit, dengan rentang warna hampir putih murni hingga cokelat tua, dan kebanyakan ada di antara keduanya. Hal penting yang menentukan warna telur adalah jenis ayam.

Cara sederhana untuk menentukan warna telur yang akan dikeluarkan seekor ayam betina adalah dengan mencermati cuping telinganya. Jika cuping telinganya putih, ayam itu akan mengeluarkan telur putih. Jika cuping telinganya merah, telurnya akan berwarna cokelat.

Meski warnanya berbeda, kedua warna telur tersebut memiliki kandungan gizi yang sama. Telur berwarna cokelat bahkan digemari sebagian orang yang keranjingan makanan sehat, karenanya telur jenis itu kadang harganya lebih mahal.

Kuning telur juga memiliki variasi warna, namun hal itu disebabkan oleh perbedaan asupan makanan, bukan faktor genetis. Warna kuning telur terutama dipengaruhi oleh pigmen-pigmen dalam pakan ayam. Jika ayam petelur mendapatkan banyak pigmen tumbuhan kuning-jingga yang disebut xanthophyll, pigmen-pigmen tersebut akan muncul dalam kuning telur.

Ayam petelur yang diberi pakan jagung kuning dan alfalfa, akan menghasilkan telur dengan kuning telur berwarna sedang. Kemudian, ayam petelur yang diberi pakan gandum akan menghasilkan telur dengan kuning telur berwarna kuning muda. Sedang jika pakan yang diberikan sama sekali tidak berwarna, kuning telurnya pun akan tidak berwarna.

Related

Science 8365955525555707232

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item