Ini 5 Upaya Manusia untuk Menemukan Rahasia Hidup Abadi

Ini 5 Upaya Manusia untuk Menemukan Rahasia Hidup Abadi

Naviri Magazine - Google mengumumkan bahwa mereka telah mendirikan perusahaan lain yang berbeda fungsi dan tujuannya. Dengan perusahaan bernama Calico, Google berencana untuk fokus pada kesehatan, yang pada pengembangannya diharapkan mampu membuat manusia awet muda, bahkan terhindar dari kematian.

Google mengumumkan bahwa salah satu inspirasi diciptakannya Calico karena masalah kesehatan Lary Page, penemu sekaligus CEO Google, selain Sergey Brin.

Page juga menjelaskan bahwa walaupun akan banyak orang yang mengatakan bahwa proyek Google ini termasuk ambisius dan akan mengalami kegagalan, namun Page yakin semuanya dapat terlampaui, bahkan harus membuat manusia menjadi makhluk abadi sekali pun.

Namun, dari berita terkait Calico ini, Time merilis beberapa kisah terkait upaya manusia melawan penuaan, dan menjadikannya abadi ini. Berikut ulasannya.

Cerita King Gilgamesh dan tanaman keabadian

Sekitar tahun 2500 SM, seorang raja bernama Gilgamesh menebangi banyak pohon besar di Cedar Forest, untuk membuat pagar terkuat, sekaligus untuk memuluskan hasratnya mencari rahasia hidup abadi.

Epic of Gilgamesh juga menceritakan bahwa untuk menjadi abadi, Gilgamesh harus menemui Utnapishtim, untuk mencari tahu rahasia hidup kekal. Menurut Utnapishtim, Gilgamesh harus menemukan tanaman ajaib yang terletak di bawah sebuah sungai. Namun, sebelum menemukannya, seekor ular menelan tanaman itu. Akhirnya, Galgamesh gagal menjadi manusia abadi.

Pandangan Roger Bacon akan penuanan pada manusia

Sekitar abad ke 13, seorang filsuf bernama Roger Bacon menulis sebuah buku dengan judul The Cure of Old Age and Preservation of Youth. Dalam buku tersebut, Bacon mengatakan bahwa manusia menjadi tua karena masalah hidup dan pola makanan yang tidak sehat.

Dia percaya, bila manusia dapat mengatur pola hidupnya, maka dia tidak akan menua. Dari pandangan dan tulisan Bacon tersebut, banyak ahli kimia mencoba membuktikan pemikiran itu dengan membuat ramuan dan obat untuk menjadikan manusia awet muda.

Ramuan-ramuan tersebut merupakan campuran dari tumbukan mutiara dan emas, serta ada juga yang menggunakan bahan dasar logam. Namun, tidak ada penelitian, obat dan ramuan tersebut yang dapat membuat orang terus muda atau membuatnya kekal.

Klaim James Graham yang dapat hidup abadi

Sekitar akhir tahun 1700-an, seorang berkebangsaan Skotlandia bernama James Graham, yang tinggal di London, mengatakan bahwa dia mampu hidup sampai umur 150 tahun.

Dalam klaimnya tersebut, Graham menjelaskan bahwa setiap hari dia harus mengolesi tubuh menggunakan balsem khusus, dan membasuh alat kelaminnya menggunakan sampanye. Dia juga tidur di ranjang yang terbuat dari rambut kuda, untuk mendapatkan sengatan listrik.

Upayanya untuk hidup lama dengan melakukan percobaan tersebut ternyata gagal, dan dia akhirnya meninggal dunia.

Pembekuan tubuh yang dapat dihidupkan kembali

Pada tahun 1964, seorang fisikawan bernama Robert Ettinger mempublikasikan buku berjudul The Prospect of Immortality. Dalam bukunya, dia menjelaskan bahwa dengan membekukan tubuh, maka di kemudian hari yang dikehendaki, akan dapat dibangkitkan kembali dengan teknologi pembangkit.

Dari idenya tersebut, muncul berbagai organisasi khusus untuk membekukan tubuh. Manusia pertama yang dibekukan dari program tersebut bernama James Bedford, pada 12 Januari 1967, yang sampai sekarang masih membeku.

Penggantian jaringan kulit manusia

Sekitar tahun 1990-an, seorang bernama Aubrey de Grey mempublikasikan sebuah buku berisi teori anti-penuaan. Dalam teorinya yang berjudul Mitochondrial Free Radical Theory of Aging, ia menceritakan bahwa ada kemungkinan manusia dapat melawan penuaan, dengan cara memperbaiki sel serta jaringan kulit yang rusak.

Dari pemikiran dan teori ini, Grey mendapatkan banyak dukungan serta dana dari berbagai pihak, yang salah satunya adalah Peter Thiel, seorang investor di Facebook. Sampai sekarang belum ada titik terang mengenai apa yang sudah dipikirkan oleh Grey.

Related

Science 1886449516401645276

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item