Sejarah dan Fakta-fakta Yahoo! yang Perlu Kita Tahu (Bagian 1)

Sejarah dan Fakta-fakta Yahoo! yang Perlu Kita Tahu

Naviri Magazine - Yahoo! Inc. merupakan perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.

Yahoo dirintis oleh Jerry Yang dan David Filo pada Januari 1994, dan diresmikan sebagai badan hukum pada 1 Maret 1995. Pada 13 Januari 2009, Yahoo mengangkat Carol Bartz, mantan kepala eksekutif Autodesk, sebagai kepala eksekutif dan anggota dewan direksi Yahoo yang baru.

Sejarah Yahoo

Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku). Ide itu berawal pada April 1994. Saat itu, dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan, selain menjelajah internet.

Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya, sehingga dapat memberikan hasil secara online.

Pada April 1994, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”.

Filo dan Yang memilih kata tersbeut karena mereka menyukai definisi umum kata-kata tersebut, yang berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan Swift: “rude/kuat, unsophisticated/sederhana, dan uncouth/kasar).

Domain yahoo.com dibuat pada 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki website ini, akhirnya pada 1 Maret 1995 Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.

Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan sangat pesat, yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka, agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka.

Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.

Akuisisi yang dilakukan Yahoo

Pada 8 Maret 1997, Yahoo mengakuisisi perusahaan komunikasi online Four11. Layanan webmail yang dimiliki oleh Four11, Rocketmail, diubah nama menjadi Yahoo! Mail.

Yahoo juga mengakuisi ClassicGames.com dan mengubahnya menjadi Yahoo! Games pada 13 Maret 1998.

Pada 8 Maret 1998, Yahoo meluncurkan Yahoo Pager, layanan pesan instan yang kemudian berubah nama menjadi Yahoo! Messenger, setahun kemudian.

Pada 28 Januari 1999, Yahoo mengakuisisi penyedia web hosting GeoCities. Perusahaan lain yang diakuisisi oleh Yahoo adalah eGroups, yang kemudian menjadi Yahoo! Groups. Akuisisi perusahaan ini terjadi pada 28 Juni 2000.

Kemudian, untuk meningkatkan layanan pencarian, Yahoo mengakuisi mesin pencari lainnya pada tahun 2002. Pada Desember 2002, Yahoo mengakuisisi Inktomi Corporation. Pada Februari 2005, Yahoo mengakuisi Konfabulator dan mengganti namanya menjadi Yahoo! Widgets, sebuah aplikasi desktop.

Pada Juli 2003, Yahoo mengakuisi Overture Services. Inc dan anak perusahaan AltaVista dan AlltheWeb. Pada 9 Juli 2004, Yahoo mengakuisisi penyedia layanan surat elektronik (email) Oddpost, untuk menambah kemampuan Ajax pada Yahoo! Mail yang sudah ada.

Yahoo juga melakukan akuisisi untuk meningkatkan layanannya pada layanan Web 2.0 Yahoo! Launchcast menjadi Yahoo! Music pada 9 Februari 2005. Pada 20 Maret 2005, Yahoo membeli layanan berbagi foto, Flickr. Pada 29 Maret 2005, perusahaan ini meluncurkan layanan blogging dan jaringan sosial Yahoo! 360°.

Pada Juni 2005, Yahoo mengakuisisi blo.gs, layanan berdasarkan agregasi RSS feed. Yahoo! kemudian membeli kalender acara sosial online Upcoming.org pada 4 Oktober 2005. Yahoo juga mengakuisisi del.icio.us pada 9 Oktober 2005, dan kemudian toko musik online Webjay pada 9 Januari 2006 yang akhirnya menjadi Yahoo! Music.

Pada 17 Januari 2006, Yahoo mengakuisisi SearchFox, sebuah web mesin pencari, untuk menyempurnakan Yahoo! Search. Pada 27 September 2006, Yahoo mengakuisisi Jumpcut.com dan mengubahnya menjadi Yahoo! Video. Kemudian, pada 17 November 2006, Kenet Works pun diakusisi oleh Yahoo untuk membuat Yahoo! Mobile.

Pada 29 April 2007, Yahoo mengakusisi Right Media, penyedia jasa iklan online, yang kemudian berganti nama menjadi Yahoo! Search Marketing. Pada 14 September 2007, BuzzTracker pun diakusisi demi menciptakan Yahoo! News.

Belum puas dengan layanannya, Yahoo mengakuisi Maven Networks dan Xoopit, masing-masing untuk meningkatkan pelayanan Yahoo! Video dan Yahoo! Mail. Koprol, sebuah jejaring sosial asli Indonesia, pun tidak luput dari perhatian Yahoo. Pada 25 Mei 2010, Koprol diakuisisi oleh Yahoo.

Produk dan layanan Yahoo

Semua layanan Yahoo bisa diakses oleh pengguna saat pengguna membuka portal web Yahoo.

Mode pencarian

Yahoo memiliki sejumlah layanan mode pencarian, antara lain Yahoo! Image, Yahoo! Video, Yahoo! Local, Yahoo! News, dan Yahoo! Shopping Search.

Komunikasi

Yahoo menyediakan layanan internet dalam bidang komunikasi, antara lain Yahoo! Messenger dan Yahoo! Mail. Selain itu, Yahoo juga menawarkan layanan jejaring sosial dan user-generated content seperti My Web, Yahoo! Personals, Yahoo! 360°, Delicious, Flickr, dan Yahoo! Buzz.

Baca lanjutannya: Sejarah dan Fakta-fakta Yahoo! yang Perlu Kita Tahu (Bagian 2)

Related

Internet 8735755474474306722

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item