Aktor Pemeran Wiro Sableng Kini Menjadi Petani Sayur Sederhana

Aktor Pemeran Wiro Sableng Kini Menjadi Petani Sayur Sederhana

Naviri Magazine - Wiro Sableng atau Pendekar 212 adalah tokoh fiksi serial novel yang ditulis oleh Bastian Tito. Wiro terlahir dengan nama Wira Saksana, yang sejak bayi telah digembleng oleh gurunya yang terkenal di dunia persilatan, dengan nama Sinto Gendeng.

Wiro adalah pendekar dengan senjata Kapak Maut Naga Geni 212, dan memiliki rajah "212" di dadanya. Wiro memiliki banyak kesaktian yang diperoleh selama petualangannya di dunia persilatan, dari berbagai guru.

“Wiro, Wiro Sableng. Sinto, Sinto Gendeng. Wiro Murid Sableng. Sinto Guru Gendeng”. Kemungkinan lirik tersebut tidak asing bagi kalangan yang tumbuh pada era 90-an.

Lirik tersebut ialah sepenggal refrain dari drama kolosal epik di salah satu televisi swasta pada saat itu, ialah Wiro Sableng 212. Pameran Wiro Sableng waktu itu diperankan oleh aktor laga Ken Ken. Bagaimana kabarnya sekarang?

Lama tak terdengar, Ken Ken pemeran Wiro Sableng ternyata sudah 'banting setir'. Dia sekarang menjadi petani sayur mayur di sebuah dusun terpencil di wilayah Cimande, Caringin, Bogor.

Orang mungkin tak menyangka dia Ken Ken yang dulu artis laga top. Pakaiannya biasa saja, layaknya petani sayur pada umumnya. Wajahnya sudah mulai menua dan gendut, meski usianya masih 45 tahunan. Wajah artis sudah tak terlihat. Apalagi sekarang Ken Ken memelihara kumis, hingga agak sulit mengenali kalau dia adalah Wiro Sableng.

Sehari-hari, Ken Ken pergi ke kebun. Menanam cabai dan sayur mayur. Hasil panen digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Ken juga menjual pupuk pada sesama petani. Sisa-sisa popularitas dan hidup mewah sebagai artis sudah tak tampak lagi, kehidupannya dihabiskan untuk bercocok tanam.

"Saya lebih menikmati sebagai petani dan back to nature (balik ke alam), hidup seadanya, belum kepikiran untuk 'turun gunung' main film lagi," kata Ken.

Meski tinggal di desa dengan rumah sangat sederhana, Ken mengaku bahagia. "Tenang di sini," ujarnya.

Padahal, Ken dulu seorang aktor hebat yang dikenal dengan senjata kapaknya, atau pendekar 212. Sosok Wiro Sableng di layar kaca berkepribadian jenaka namun jago bela diri. Ilmu yang diberikan oleh gurunya digunakan untuk membela orang tertindas.

Nama lengkap Ken adalah Herning Sukendro, atau biasa dipanggil Ken Ken. Pria kelahiran Madiun itu karirnya memuncak setelah berperan utama dalam Wiro Sableng pada 1995. Anggota perkumpulan silat Setia Hati Teratai ini sudah banyak main film layar lebar, di antaranya film Prabu Anglingdarma, pada 1990.

Ken Ken juga pernah main sinetron sebagai pemeran pembantu, sebelum namanya terkenal sebagai pemeran utama Pendekar Kapak 212 Wiro Sableng. Dia juga sempat mendirikan rumah produksi film, dan berhasil menelurkan beberapa film, di antaranya Seruling Sakti. Pada peran utama sebagai Wiro Sableng, dia mendapatkan piala aktor komedi terbaik.

Related

Celebrity 6959316171058699725

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item