Asal Usul Nama Wiki Hingga Dikenal di Dunia Internet

Asal Usul Nama Wiki Hingga Dikenal di Dunia Internet

Naviri Magazine - Bagi para peselancar dunia maya, terutama yang sering mencari sumber referensi untuk tulisan pada makalah atau artikel, pasti sudah tidak asing dengan nama Wikipedia. Ensiklopedia ini memang sangat akrab dengan para pengguna internet.

Wikipedia merupakan ensiklopedia bebas keluaran Wiki. Wiki adalah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang mengizinkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut.

Istilah Wiki juga dapat merujuk pada software kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu. Namun, tahukah Anda asal usul nama Wiki?

Ward Cunningham adalah pengembang Wiki pertama, yang diluncurkan pada 1995, yang disebut WikiWikiWeb. Ia merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap penggunaan kata Wiki.

Pada kunjungannya yang pertama ke Hawaii, ia diberitahu seorang petugas bandara untuk menaiki Bus Wiki-Wiki antara terminal pada bandara tersebut. Karena ia tidak memahami apa yang dimaksud petugas bandara, ia bertanya lebih lanjut, dan menemukan bahwa “wiki” berarti “cepat” dalam bahasa Hawaii.

Dengan pengulangan kata, berarti memberikan penekanan tambahan, dan dengan demikian “wiki-wiki” berarti “sangat cepat”. Kata tersebut membekas pada ingatan Cunningham.

Ketika Cunningham sedang mencari nama yang cocok untuk platform web barunya, ia menginginkan suatu nama yang unik. Cunningham menetapkan nama “quick web”, namun urung mengambil nama tersebut karena mirip nama program keluaran Microsoft, yaitu “quick basic”.

Kemudian ia teringat kata Wiki, dan menganggap nama “wiki wiki web” lebih unik dan enak didengar. Ia lalu memilih untuk menyebut teknologi buatannya dengan WikiWikiWeb.

Ia menggunakan nama “WikiWikiWeb” tanpa spasi dan kapitalisasi pada awal setiap kata, karena teknologi tersebut akan mengenali istilah ini sebagai hyperlink. Ia menganggap bahwa nama WikiWikiWeb merupakan nama yang tepat, dan menggunkan Wiki atau wiki sebagai kata singkatan.

Implementasi pertama teknologi WikiWikiWeb adalah program Unix yang disebut “cgi” script. Mengikuti peraturan Unix, ia kemudian memilih “wiki”, kata singkatan dengan huruf kecil, sebagai nama program. Nama pendek ini muncul di url untuk situs (http://c2.com/cgi/wiki) yang tentunya mendorong orang untuk menyingkat seperti itu juga, sehingga nama wiki terkenal seperti sekarang.

Related

Internet 2080987031315232143

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item