Begini Cara Alami Mengatasi Sakit Perut Setelah Makan Pedas

  Begini Cara Alami Mengatasi Sakit Perut Setelah Makan Pedas

Naviri Magazine - Saat mengonsumsi makanan pedas, saat itu juga kita akan menelan kandungan di dalam cabai yang bernama capsaicin. Capsaicin akan merangsang saraf yang ada pada lambung untuk mengirimkan sinyal nyeri dari organ pencernaan ke otak. Itulah yang membuat kita merasakan sensasi sakit perut.

Namun setiap orang berbeda-beda, ada ususnya yang tahan pedas dan ada yang tidak. Konsumsi makanan pedas yang sangat belebihan akan membuat usus teriritasi, sehingga bisa menyebabkan gejala lain, seperti perut kembung, perih yang bisa dirasakan di ulu hati, mual-mual, dan sensasi gangguan pencernaan lainnya.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi sakit perut akibat mengongumsi makanan pedas.

Berbaring

Sakit perut biasanya dibarengi rasa panas di perut, itu bisa saja kamu mengalami asam lambung. Berbaring sangat efektif untuk meredakan rasa sakit sekaligus panas pada perut. Coba lakukan posisi berbaring, dan angkat kepala sekitar 15 cm lebih di atas kaki (bisa ganjal dengan bantal).

Makan buah

Buah yang paling direkomendasikan untuk mengatasi sakit perut yakni pepaya, apel, dan pisang. Buah-buahan ini memiliki kandungan penting untuk mengatasi berbagai masalah pada pencernaan.

Minum teh hangat

Kamu dapat mamanfaatkan teh hangat untuk mengobati sakit perut, baik teh hijau, teh jahe, maupun teh papermint. Namun apa pun teh yang kamu minum, jangan menambahkan kandungan gula ke dalamnya.

Menghangatkan perut

Cara ini bertujuan agar dapat memberikan efek rileks dan tenang bagi perut yang bergejolak. Kamu bisa mengompres perut dengan air hangat, atau cukup dengan mengoleskan minyak kayu putih di area perut.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit perut. Perlu kamu ketahui bahwa capsaicin dapat larut dalam lemak. Jadi, mengonsumsi lemak pun dapat mengatasi sakit perut. Contohnya meminum susu full-fat, yogurt, selai kacang, atau sedikit minyak zaitun.

Related

Tips 7329592356138836547

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item