Apakah Beras Plastik yang Pernah Heboh Itu Memang Benar Ada?

Apakah Beras Plastik yang Pernah Heboh Itu Memang Benar Ada?

Naviri Magazine - Kepala Bagian Pengujian Laboratorium PT Sucofindo Adisam Z.N. mengatakan, berdasarkan hasil uji laboratorium, beras yang diduga mengandung plastik itu ternyata benar. Dia menduga beras plastik itu sengaja diproduksi untuk tujuan tertentu.

Meski demikian, Adisam tak dapat menjelaskan teknik memproduksi beras tersebut. Dia juga enggan berkomentar lebih jauh ihwal produksinya, karena bukan wewenang instansinya. "Tugas kami hanya menguji," ujarnya.

Hasil uji beras plastik terdapat senyawa plasticer, antara lain BBP (benzyl butyl phthalate), DEHP (bis (2-ethylexyl phatalate)), dan DINP (diisononyl phthalate).

Kandungan itu terdapat dalam bahan-bahan pembuat pipa, kabel, dan barang lain yang terbuat dari plastik. "Lengkap dengan bahan pelenturnya," tuturnya "Bahan-bahan itu biasanya dipakai industri."

Dia menambahkan, jika bahan-bahan itu dikonsumsi, akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, seperti kanker. Bahkan, kata dia, sejumlah negara di Eropa tak lagi memakai bahan dasar plastik untuk barang yang bersentuhan langsung dengan manusia.

"Mudah-mudahan, kita (Indonesia) segera membuat regulasi yang sama," ucapnya.

Related

World's Fact 1538814037016501232

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item