Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan-bahan Alami

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan-bahan Alami

Naviri Magazine - Karang gigi adalah plak yang telah mengeras pada gigi. Karang gigi juga bisa terbentuk dari bawah gusi, dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Karang gigi memperluas area bagi plak untuk berkembang, dan menyebabkan permukaan jadi lebih lengket, dan hal ini akan menyebabkan penyakit gigi yang lebih parah, yaitu radang gusi.

Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar, sebagai pembersih karang gigi yang alami. Berikut adalah cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan bahan-bahan alami:

Mengonsumsi buah kaya vitamin C

Vitamin C baik untuk kesehatan mulut Anda, karena itu Anda juga bisa menggunakan buah-buahan yang mengandung vitamin C sebagai pasta gigi.

Caranya: Anda cukup menghancurkan buahnya sampai halus. Misalnya jeruk, stroberi, atau lemon. Lalu celupkan pasta gigi, dan sikat gigi Anda seperti biasa, selama 2 menit.

Mengunyah daun sirih

Mungkin Anda pernah melihat nenek atau orang tua yang sedang mengunyah-ngunyah daun sirih? Daun sirih berkhasiat untuk membersihkan karang gigi dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Caranya: Cukup ambil selembar daun sirih, bisa Anda tambahkan 1 batang cengkeh juga.
Haluskan, tapi jangan terlalu halus, lalu kunyah campuran di atas.

Mengonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayur telah diketahui memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, demikian pula untuk mulut. Dengan mengunyah buah dan sayur secara rutin, Anda dapat juga menghilangkan karang gigi.

Terutama apel, melon, wortel, dan seledri. Selain untuk menghilangkan karang gigi, dengan makan buah dan sayur, bau mulut yang tidak sedap pun dapat berkurang.

Menggunakan kulit jeruk

Cara sederhana menghilangkan karang gigi secara tradisional selanjutnya adalah menggunakan kulit jeruk. Jeruk adalah buah yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi.

Caranya: Sebelum Anda menggunakan kulit jeruk, bersihkan dulu kulit jeruknya. Lalu gosokkan langsung pada gigi. Gosok sampai merata. Jangan langsung berkumur, tapi biarkan dulu semalaman. Esok harinya baru berkumur. Lakukanlah setiap hari menjelang tidur untuk hasil yang maksimal.

Menghilangkan karang gigi kuning dengan baking soda

Cara mengatasi gigi kuning dengan baking soda adalah dengan membuatnya sebagai pasta gigi. Baking soda mampu menghilangkan dan memutihkan gigi Anda dengan cepat. Baking soda juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras.

Caranya: Ambil 1 sdm baking soda, lalu tambahkan sejumput garam dan aduk hingga rata. Kemudian Anda tinggal mencelupkan sikat gigi yang sebelumnya dibasahi pada campuran ini.

Sikatlah gigi Anda seperti biasa selama 2 menit, lalu berkumur dengan air. Lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

Bila Anda telah mencoba berbagai macam cara di atas namun belum juga berhasil, hal yang perlu Anda lakukan adalah memeriksakan gigi Anda secara rutin ke dokter agar karang gigi tidak muncul lagi. Semoga bermanfaat.

Related

Tips 2952312886592653006

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item