Edan, Ternyata Harga Mobil Formula 1 Mencapai Rp 100 Miliar Lebih!

Edan, Ternyata Harga Mobil Formula 1 Mencapai Rp 100 Miliar Lebih!

Naviri Magazine - Untuk yang hobi menonton mobil Formula 1 adu ngebut ataupun bermain game-nya, pernah penasaran berapa kira-kira banderol mobil yang memiliki kecepatan setara pesawat jet itu?

Banyak juga yang tidak tahu berapa biayanya, dan hanya menyebutkan banyak biaya yang harus dikeluarkan. Itu baru harga, bagaimana pula dengan biaya servis saat mobil tersebut rusak akibat tabrakan, berapa uang yang harus dikeluarkan agar mobil bisa mulus dan kembali balapan?

Dalam sebuah video milik akun Youtube WTF1, dijelaskan, bila salah satu mobil F1 rusak, setiap tim setidaknya harus merogoh kocek sekitar £6.000.000 atau setara dengan Rp 108 Miliar. Ya, itulah perkiraan dana yang harus disiapkan untuk sekali balap mobil F1 tiap sesinya. Wow!

Lebih detil lagi, untuk bagian Front Wing atau sayap depan mobil F1. Front Wing merupakan bagian yang paling sering rusak saat mobil mengalami tabrakan depan.

Apabila front wing mengalami kerusakan, biaya penggantinya adalah £150.000 atau Rp 2,7 miliar. Biaya tersebut kalau dihitung-hitung bisa membeli sebuah mobil baru buatan Inggris, Bentley Continental.

Bagian lain yang tak luput memiliki harga tinggi saat perbaikan adalah under tray. Under tray meliputi knalpot belakang hingga bagian bawah mobil, yang berhubungan dengan aerodinamis mobil F1. Kalau rusak, biaya perbaikannya mencapai £58.000 atau Rp 1,05 miliar. Dengan uang sebanyak itu bahkan kita bisa membeli tiga buah jam tangan Rolex.

Sedangan pada bagian yang cukup penting, yakni Gearbox, tiap pergantiannya harus memakan dana sekitar £750.000 atau Rp 13,5 miliar. Belum lagi bila ternyata penyakit di mobil bukan pada penggerak melainkan mesinnya, bisa harus keluarkan biaya sekitar £3.500.000 atau Rp 63 miliar.

Sedangkan untuk bagian kecil yang tergolong murah, seperti stir kemudi atau knalpot, masing-masih dibanderol sekitar £50.000, dan £172.000 untuk knalpotnya. Untuk fitur telegraph yang berfungsi sebagai monitoring peforma kendaraan F1 yang terhubung langsung ke layar, mereka harus menyediajan £74.000 atau Rp 1,3 miliar.

Bila semuanya dijumlahkan (tidak termasuk pelumas, oli, dan bensin), setidaknya Honda atau Mclaren harus menyiapkan £6.000.000 atau Rp 108 miliar dalam sekali balap pada satu mobilnya.

Related

Automotive 7674877224607101528

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item