Ilmuwan Menemukan Cara untuk Menciptakan Hujan Buatan

Ilmuwan Menemukan Cara untuk Menciptakan Hujan Buatan

Naviri Magazine - Peneliti Swiss berhasil menemukan cara yang bisa digunakan untuk mendatangkan hujan tanpa perlu melakukan ritual memanggil hujan. Bagaimana bisa?

Para peneliti University of Geneva ini menggunakan sinar laser yang langsung ditembakkan ke udara panas. Alhasil, tetes air bisa ‘dibuat’ kapan dan di mana akan jatuh. Peneliti telah lama menguji teknik ini.

Teknik yang dikenal sebagai laser-assisted water condensation ini berhasil menghasilkan tetes air di kondisi yang sangat panas di Rhone River di Swiss. Laser ini menghasilkan partikel asam yang mampu menarik dan menyatukan molekul air, dan menghentikannya agar tak menguap.

Namun, menurut hasil studi yang diterbitkan di jurnal Nature Communications ini, tetes air yang dihasilkan masih terlalu kecil untuk bisa jatuh sebagai hujan. Menurut peneliti, jika tetes air bisa ratusan kali lebih besar, hujan bisa turun saat kondisi yang tepat.

Misalnya seperti ditulis UPI, jika laser ditembakkan ke aliran udara yang berembus ke gunung, yang membuat udara cukup dingin untuk ‘membesarkan’ tetes air, dan menjatuhkannya sebagai hujan.

Related

Science 4521983792503204558

Recent

item