Ini 5 Hal yang Menyebabkan Gusi Bengkak dan Terasa Sakit

Ini 5 Hal yang Menyebabkan Gusi Bengkak dan Terasa Sakit

Naviri Magazine - Gusi bengkak adalah masalah gangguan mulut yang sering dialami oleh sebagian orang, selain gigi berlubang. Gusi bengkak adalah kondisi terjadinya pembengkakan pada gusi. Ada beberapa kasus, salah satunya gusi bengkak terjadi dalam ukuran yang besar hingga menutupi gigi. Karena gusi yang membengkak ini, pipi jadi terlihat menonjol.

Gusi yang bengkak tidak bisa diremehkan, terasa menyakitkan, dan bikin badmood. Gusi yang bermasalah, kalau dipakai mengunyah, rasanya sakit banget. Nafsu makan jadi terganggu, terpaksa makan bubur atau makanan yang lembut. Kepala pun bisa terasa berdenyut-denyut karena sakitnya. Apa penyebab gusi bengkak?

Gigi yang berlubang

Gigi yang berlubang karena kuman dapat juga merambah gusi, dan akan menyebabkan pembengkakan pada gusi.

Menumpuknya karang atau plak di gigi

Pada umumnya, gusi bengkak disebabkan karena plak (sisa-sisa makanan yang lama tertinggal dan tidak segera dibersihkan). Sisa makanan yang tidak segera dibersihkan ini lama-lama akan menumpuk dan menyebabkan karang gigi, yang akan mengakibatkan gusi membengkak.

Air liur yang mengandung mineral akan membantu sisa-sisa makanan tadi jadi mengeras, dan karang gigi yang terbentuk pun menjadi keras atau sedimentasi.

Terjangkit virus atau jamur

Saat kita tidak menjaga kebersihan dari apa yang kita makan, bisa jadi kita akan memasukkan virus atau jamur ke dalam mulut, dan menyebabkan gusi dan gigi bengkak.

Gingivitis

Gingivitis adalah menumpuknya plak pada gusi yang terakumulasi dalam jumlah besar dan lama, yang akan menyebabkan inflamasi. Gingivitis juga penyakit pada gusi.

Pemasangan aksesori yang tidak pas 

Pemasangan gigi palsu atau behel yang tidak sesuai (tidak nyaman) pada gusi, juga bisa menyebabkan gusi bengkak.

Related

Health 7792690264838831261

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item