Ini Berbagai Penyebab Orang Mudah Lelah, Capek, dan Mengantuk

Ini Berbagai Penyebab Orang Mudah Lelah, Capek, dan Mengantuk

Naviri Magazine - Jika Anda atau orang yang Anda kenal mengeluh sering mudah capek, berikut adalah beberapa hal yang mungkin jadi penyebabnya.

Kurang tidur 

Manusia membutuhkan istirahat yang cukup, badan memiliki hak untuk beristirahat setelah seharian bekerja. Kurang istirahat akan mengakibatkan badan capek.

Lama tidur normal untuk tiap orang bervariasi, ada yang 7-8 jam, ada yang kurang dari itu. Jika Anda merasa kurang istirahat, cobalah untuk tidur 7-8 jam untuk memberi kesempatan tubuh beristirahat.

Tidur sering terganggu

Selain lama tidur, kualitas tidur juga penting untuk diperhatikan. Beberapa pasien kegemukan mengalami "sleep apnea", yaitu terhambatnya napas selama beberapa saat ketika tidur. Selama tidur, otot-otot mengendur, juga otot pada jalan napas. Dapat kita bayangkan seperti selang air yang dindingnya melemas, jalan airnya akan kolaps/menyempit.

Otot-otot jalan napas yang mengendur juga dapat menyebabkan jalan napas menyempit. Orang gemuk memiliki jalan napas yang lebih sempit daripada orang normal, karena orang gemuk memiliki banyak lemak yang dapat menekan dan menyempitkan jalan napas tersebut. Sehingga saat mereka tidur dapat terjadi henti napas.

Henti napas mengakibatkan berkurangnya kadar oksigen, dan bertambahnya kadar karbon dioksida dalam darah. Tubuh akan merespons dengan bernapas lebih cepat, dan mengaktifkan sistem saraf untuk "membangunkan" orang tersebut. Hal ini akan membuat kualitas tidur terganggu. Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan orang mudah capek.

Kurang sarapan

Tubuh memerlukan energi, yang didapatkan dari makanan. Kurang sarapan, atau bahkan tidak sarapan, mengakibatkan tubuh kekurangan energi untuk beraktivitas. Hal ini menyebabkan tubuh mudah capek.

Anemia 

Wanita sering mengalami kurang darah/anemia karena kehilangan darah selama menstruasi. Darah dibutuhkan untuk mengangkut makanan bagi sel-sel dalam tubuh. Kurang darah mengakibatkan pasokan makanan bagi tubuh berkurang. Hal ini akan menyebabkan tubuh mudah capek.

Depresi 

Di antara gejala depresi adalah berkurangnya minat untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya diminati, perasaan mudah lelah, sulit menemukan kegembiraan, dan sulit menikmati hidup.

Kekurangan hormon tiroid

Hormon tiroid merupakan hormon yang dibutuhkan dalam proses metabolisme. Kekurangan hormon ini menyebabkan metabolisme tubuh terhambat.

Terlalu banyak kafein

Kopi dapat memacu daya konsentrasi dan kekuatan otot, tetapi penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan tubuh mudah merasa lelah.

Infeksi saluran kencing

Gejala yang jelas dari infeksi saluran kencing adalah nyeri saat buang air kencing; sering buang air kencing tetapi keluarnya sedikit; sering kencing pada malam hari; dan tergopoh-gopoh saat akan buang air kencing. Tidak semua pasien mengalami semua gejala yang jelas seperti itu, beberapa pasien hanya mengeluhkan perasaan mudah lelah.

Diabetes 

Gula yang dibawa oleh darah akan diambil oleh sel-sel tubuh, dan diubah menjadi energi untuk aktivitas. Pada penyakit diabetes, gula yang dibawa oleh darah sulit diambil oleh sel tubuh, sehingga sel kurang mempunyai energi untuk beraktivitas.

Dehidrasi

Jika tubuh terasa lelah dan haus, Anda mungkin mengalami kekurangan cairan. MInumlah sebelum dan sesudah beraktivitas fisik berat, untuk mencegah kekurangan cairan.

Penyakit jantung

Jantung merupakan pompa yang mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Jantung yang sakit mengakibatkan darah tidak dapat mengantar makanan ke seluruh tubuh dengan baik. Akibatnya, sel-sel akan kekurangan energi.

Bekerja malam hari

Tubuh memiliki "jam alami". Saat malam, normalnya kita akan mengantuk, sedangkan saat siang akan terjaga. Bekerja pada shift malam dapat mengacaukan "jam alami" ini.

Alergi makanan

Selain gatal, kemerahan pada kulit, bersin-bersin, dan hidung meler pada pagi hari, salah satu gejala alergi makanan adalah perasaan lelah. Bila setelah makan makanan tertentu kita merasa lelah, bisa jadi kita alergi pada makanan tersebut.

Chronic Fatigue Syndrome 

Bila perasaan mudah lelah berlangsung selama lebih dari 6 bulan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, bisa jadi kita terkena penyakit kelelahan. Pengobatannya adalah dengan mengubah aktivitas harian, memperbaiki pola tidur, dan berolah raga.

Kurang olahraga

Seseorang yang tidak memiliki penyakit apa pun, tetapi mudah merasa lelah, bisa jadi disebabkan karena kurang berolahraga. Disarankan untuk berolahraga minimal 20 menit sehari, 3 hari dalam 1 minggu.

Related

Health 4858544941817088505

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item