Ini Hal Penting yang Perlu Dilakukan Setelah Cicilan Mobil Lunas

Ini Hal Penting yang Perlu Dilakukan Setelah Cicilan Mobil Lunas

Naviri Magazine - Saat ini, metode mencicil untuk membeli mobil sudah menjadi hal lumrah. Orang bisa mendapat kendaraan baru tanpa harus mengumpulkan uang ratusan juta terlebih dulu. Beban keuangan bulanan pastinya bertambah, tapi setidaknya mobil bisa langsung dipakai untuk operasional harian.

Ketika cicilan mobil lunas, beban keuangan tentu akan berkurang. Apa saja yang harus dilakukan saat cicilan mobil sudah selesai?

Umumnya, besaran cicilan bulanan mobil mengambil porsi 10-30 persen dari penghasilan Anda setiap bulan. Ketika beban tersebut sudah tak ada, 10-30 persen itu bisa dialokasikan untuk tabungan atau investasi demi hari tua yang sejahtera.

Namun, ada satu lagi hal penting yang kerap dilupakan orang, saat cicilan mereka selesai. Mereka lupa bahwa saat cicilan mobil lunas, status asuransi mobil tersebut juga berakhir. Ini merupakan kondisi yang berisiko.

Misalnya, Anda mencicil mobil MPV keluarga selama lima tahun. Kondisi mobil lama, khususnya yang sudah berusia di atas lima tahun cenderung akan menurun.

Ini hal wajar, khususnya pada mobil yang digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Keadaan akan lebih parah jika gaya pengendaranya agak ekstrem dan sering mengebut. Bisa jadi ada part yang perlu diganti. Oli mesin mungkin sudah merembes. Kaki-kaki, transmisi, dan kelistrikan bisa jadi mulai bermasalah.

Apakah solusinya dengan mencicil mobil baru? Belum tentu juga. Terlebih ketika sebenarnya mobil Anda masih bisa berfungsi.

Untuk mengatasi “penyakit mobil” yang tidak diinginkan, ketika asuransi mobil habis bersamaan dengan lunasnya cicilan mobil Anda, disarankan untuk langsung memperpanjang asuransi kendaraan Anda. Jika di kemudian hari ada masalah dan kendala, setidaknya biaya perbaikan yang dikeluarkan tidak akan terlalu menguras kocek Anda.

Related

Tips 5242016755029085634

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item