Keajaiban Cacing, Tidak Punya Lidah tapi Bisa Menikmati Makanan

Keajaiban Cacing, Tidak Punya Lidah tapi Bisa Menikmati Makanan

Naviri Magazine - Sama seperti hewan lainnya, cacing juga perlu makan. Namun, apakah cacing punya lidah seperti hewan lain?

Jawabannya tidak. Cacing tidak punya lidah. Namun, cacing punya stylet di mulutnya. Stylet bentuknya mirip seperti jarum. Cacing menggunakan stylet untuk menembus bagian luar tanaman.

Setelah berhasil menembus bagian luar tanaman, cacing akan menyedot makanan yang ada di dalam tanaman, menggunakan styletnya.

Apakah stylet fungsinya sama seperti lidah?

Lidah bisa digunakan untuk menekan makanan hingga hancur. Jika makanan itu keras, lidah akan mengarahkan makanan ke gigi untuk dihancurkan.

Stylet tidak bisa melakukan hal itu. Stylet hanya bertugas mengambil makanan. Setelah itu, makanan yang dimakan cacing akan dihancurkan di dalam usus.

Apakah stylet bisa merasakan rasa?

Lidah kita dilengkapi benjolan-benjolan kecil. Di benjolan itu ada tunas-tunas yang bisa merasakan rasa makanan.

Stylet bukan lidah. Jadi, tidak bisa digunakan untuk merasakan makanan. Meski begitu, cacing punya sel khusus di mulut dan kulitnya. Sel inilah yang yang membuat cacing bisa merasakan sesuatu.

Selain digunakan untuk merasakan sesuatu, sel ini juga bisa digunakan untuk mencium sesuatu. Berkat sel ini, cacing bisa merasakan dan mencium tanah.

Hal ini sangat penting, karena rasa dan bau tanah bisa memberi tahu cacing, apakah di tanah itu ada makanan atau tidak. Meski tidak punya lidah, cacing punya anggota tubuh lain yang bisa digunakan seperti lidah.

Related

Science 1998387639305610179

Recent

item