Kisah Apel Berbahaya yang Pernah Menghebohkan Amerika

Kisah Apel Berbahaya yang Pernah Menghebohkan Amerika

Naviri Magazine - Pada 1989, di Amerika ada sebuah kehebohan massal yang dikenal dengan Alar Scare. Alar adalah bahan kimia yang disemprotkan ke apel untuk mengontrol pertumbuhannya, dan memperbagus tampak luarnya.

Kehebohan itu berawal dari sejumlah artikel di media yang bilang bahwa Alar, kalau digunakan dalam dosis terlalu besar, menyebabkan kanker pada tikus. Masyarakat jadi takut, dan ketakutan itu bikin media meliput hal itu secara lebih luas dan mendalam. Siaran-siaran berita mulai didominasi topik itu. Orang-orang terkenal, salah satunya aktris Meryl Streep, mulai bicara soal itu.

Industri apel menuai kerugian demi kerugian, karena apel dan produk apel dilihat sebagai objek ketakutan. Perusahaan-perusahaan apel dan produk apel menarik jualan mereka dari pasaran. FDA (Food and Drug Administration) Amerika berusaha meredakan ketakutan masyarakat.

Yang menarik, berbagai penelitian setelah itu menyimpulkan bahwa Alar, kalau mau dilihat sebagai karsinogen (bahan kimia yang menyebabkan kanker), sebetulnya berisiko kecil, tak ada apa-apanya dibanding rokok, misalnya. Alar Scare, karena itu, adalah reaksi berlebihan pada ‘masalah’ yang sebenarnya tak seberapa.

Related

World's Fact 8874237400532466967

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item