Kisah Larry Page Menciptakan Mesin Pencari Bernama Google

 Kisah Larry Page Menciptakan Mesin Pencari Bernama Google

Naviri Magazine - Nama aslinya adalah Lawrence Edward “Larry” Page. Pria yang lahir pada 26 Maret 1973 ini, dan sahabat karibnya, Sergey Brin, merupakan Pendiri Google, mesin pencari internet. Larry Page merupakan CEO pertama dan Presiden Produk Google Inc sampai April 2001.

Larry Page dibesarkan di lingkungan dunia pendidikan, tak heran jika ia mewarisi kecerdasaran orang tuanya di bidang komputer dan programming. Ibu Larry Page bernama Gloria Page, yang merupakan profesor pemograman, sedangkan ayahnya bernama Carl Vincent Page, profesor di bidang ilmu komputer sains di Universitas Michigan, Amerika Serikat.

Pada 1991, Larry Page lulus dari East Lansing High School, kemudian melanjutkan studinya di Universitas Michigan, USA. Di universitas tersebut, Larry mendapat gelar Bachelor of Science pada program studi rekayasa komputer, sedangkan gelar master diperoleh di Stanford University.

Saat kuliah di Stanford University, Larry bertemu Sergey Brin. Mereka mulai akrab, dan topik pembicaraan mereka mulai melebar, hingga akhirnya menemukan ide yang membawa mereka pada penemuan luar biasa. Ide tersebut diberi nama “The Anatomy of A Large Scale Hyper-textual Web Search Engine“. Karya ini akhirnya belakangan menjadi populer dan banyak diakses di universitas.

Pada 1995, dua kandidat PhD dalam ilmu komputer ini mulai mengekplorasi hubungan antar halaman di internet untuk sebuah proyek riset. Dengan melihat hyperlink-hyperlink yang membawa satu halaman ke halaman lainnya, mereka menyadari bahwa hyperlink-hyperlink ini membentuk sebuah sistem perangkat informal raksasa, yang membawa pengguna internet ke halaman-halaman yang lebih berguna.

Dengan memakai sebuah alat yang dikendalikan komputer untuk menjelajahi website dan mengevaluasi pantingnya link-link ini, mereka berdua membangun sebuah mensin pencari bernama “Black Rub”. Mesin pencari ini bisa menyediakan hasil pencarian yang bagus untuk pengguna internet. Mereka bermaksud menjual karya mereka, tetapi tidak ada yang membeli. Hal inilah yang memotivasi mereka untuk menekuni bisnis ini.

Untuk menentukan penting serta tingkat popularitas halaman website, Larry Page dan Sergey Brin mengembangkan algoritma ranking (PageRank) dengan memanfaatkan crawler website. Google.com versi pertama dirilis dan disediakan oleh website Stanford University pada Agustus 1996.

Proses mensin pencari Google semakin maju dan berkembang, sehingga kedua sahabat ini memutuskan untuk memindahkan server dari kampus mereka ke server lain di kamar Larry Page, dengan membeli komputer murah seharga $ 15.000 yang mereka beli dengan menggunakan kartu kredit.

Kemudian mereka pindahkan server ke sebuah garasi di Palo Alto, dan menyewa gedung untuk kantor Google di Melo Park, California. Kedua sahabat ini terus fokus pada proyek mereka, dan akhirnya tidak bisa menyelesaikan program PhD.

Semakin hari, Google mengalami perkembangan yang signifikan, sehingga membutuhkan server yang lebih besar. Pada tahun 1999, mereka memindahkan server Google ke Mountain View, California.

Kekayaan Larry Page

Untuk mengembangkan bisnisnya, Larry Page menyewa mantan CEO Novell, Eric Schmidt, yang dijadikan sebagai CEO Google. Jadi Page menjalankan Google bertiga dengan Brin dan Schmidt.

Larry Page tercatat sebagai orang terkaya di dunia urutan ke-27, dengan nilai kekayaan $ 12,8 miliar versi Majalah Forbes.

Related

Internet 2341505126126136853

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item