Kisah Mengharukan Pemakaman Kucing yang Dihadiri 3.000 Orang

Kisah Mengharukan Pemakaman Kucing yang Dihadiri 3.000 Orang

Naviri Magazine - Rasa haru meruap dalam pemakaman Tama, Kepala Stasiun Kishi, Prefektur Wakayama, Jepang. Tama tak seperti pegawai negeri pada umumnya, karena dia adalah seekor kucing betina.

Kucing ini dinobatkan menjadi kepala stasiun sejak 2007. Kucing belang yang tambun ini pun bertugas dengan cara duduk di gerbang tiket, untuk menyambut para penumpang yang berangkat maupun datang di stasiun tersebut.

Istimewanya, pemakaman Tama dihadiri oleh 3.000 pegawai dan penggemarnya, menunjukkan besarnya penghormatan warga terhadapnya. Dalam proses pemakaman itu pula, dilangsungkan upacara penobatannya sebagai dewi dalam kepercayaan Shinto.

“Awalnya, jabatan (kepala stasiun) ini diberikan agar dia dapat berkeliaran di stasiun,” kata Mitsunobu Kojima, Kepala Kereta Api Listrik Wakayama, seperti dilansir Japan Today.

Namun, kelucuan dan kepolosan sang kucing rupanya membawa berkah besar bagi stasiun dan jalur kereta tersebut.

Sebelum Tama hadir, jalur lokal Kishigawa nyaris bangkrut. Sejak dia berada di stasiun, animo penumpang yang melewati jalur tersebut meningkat pesat. Tak tanggung-tanggung, Kojima mengklaim Tama telah berkontribusi sekitar Rp2,3 triliun untuk ekonomi lokal selama delapan tahun bertugas.

“Tama-chan benar-benar muncul seperti penyelamat, sesosok dewi. Merupakan kehormatan untuk dapat bekerja dengannya,” ujar Kojima, sedih.

Tama pun akhirnya harus berpisah selamanya dengan stasiun yang ia cintai. Kucing ini mengembuskan napas terakhir dalam usia 16 tahun, karena gagal jantung, atau setara usia 80 tahun umur manusia.

Sehari sebelum meninggal, Tama yang dirawat di rumah sakit hewan, sempat berusaha bangkit untuk menyapa Kojima.

“Dia mengeong seolah memohon untuk dipeluk,” tutur Yoshiko Yamaki, juru bicara perusahaan kereta.

Selepas kepergian Tama, Stasiun Kishi tetap akan dijaga kucing lain, bernama Nitama, yang sekarang menjabat kepala stasiun magang.

Related

World's Fact 7365085541729529476

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item