Tips Mengatasi Kesedihan Akibat Anggota Keluarga Meninggal Dunia

Tips Mengatasi Kesedihan Akibat Anggota Keluarga Meninggal Dunia

Naviri Magazine - Saat ada anggota keluarga yang meninggal, setiap orang mengalami proses berduka yang berbeda. Ada yang menghadapinya dengan berharap atau putus asa. Saat orang tersayang meninggal, reaksi kita biasanya menangis, sulit tidur, dan tidak nafsu makan.

Menurut penelitian terbaru, sebagian orang baru bisa mengikhlaskan mendiang setelah 18 bulan berduka. Psikolog tidak mewajibkan kamu cari bantuan ke terapis. Beberapa orang jadi mudah lupa saat sedang berduka, dan pergi ke terapis malah bisa menambah beban.

Kamu bisa mengatasi perasaan berduka dengan bercerita pada anggota keluarga yang juga berduka, menggunakan aplikasi atau program terapi daring seperti Talkspace, atau bergabung dengan support group, supaya kamu tidak merasa sendirian.

Waktu yang tepat berobat ke terapis:

Kalau kesedihanmu semakin buruk. Dalam hal ini, kamu mungkin saja mengalami gangguan yang, menurut pakar, berhubungan dengan duka yang amat mendalam. Gejala lain yang perlu diperhatikan yaitu mudah marah, tidak berperasaan, atau menarik diri dari orang lain.

Dalam hal itu, berobat ke terapis bisa sangat membantu. Selain itu, kamu juga perlu bantuan menerima kematian keluarga yang diakibatkan oleh kekerasan, atau kebencian terhadap ras, gender, atau masalah sosial lainnya.

Related

Psychology 8978700966763116375

Recent

item