Mengenal Tokoh-tokoh Superhero Muslim Dalam Komik Amerika

Mengenal Tokoh-tokoh Superhero Muslim Dalam Komik Amerika

Naviri Magazine - Di Amerika, penerbit komik Marvel dan DC melahirkan banyak tokoh superhero, baik pria maupun wanita. Meski berasal dari Amerika, namun ternyata para penerbit komik itu juga menghadirkan tokoh-tokoh superhero yang muslim.

Ada cukup banyak supehero muslim yang lahir di komik Amerika, meski tidak semuanya terkenal. Berikut ini adalah beberapa tokoh superhero muslim yang tergolong sangat populer, dari dulu sampai sekarang.

Dust

Dust, yang bernama asli Sooraya Qadir, adalah superhero yang paling religius. Dia benar-benar taat dengan agamanya, Islam, berpakaian lengkap menutup aurat, dan memiliki berbagai adegan di komik dimana dia shalat atau berdoa.

Dia seorang mutant dari Afghanistan. Dia ditangkap oleh penjual budak untuk dijual sebagai budak mutant. Ketika mereka akan melepas kerudungnya, dia marah, dan berubah menjadi debu, dan mengupas daging dari tubuh mereka!

Akhirnya, dia ditemukan oleh Fantomex yang menyelamatkannya. Dia pun dibawa ke X-Corporation di Mumbai.

Kekuatannya adalah berubah menjadi awan asap atau debu. Dalam bentuk ini, dia bisa bergerak di udara dengan kecepatan tinggi. Kekuatan ini sangat berbahaya, karena parikel mikroskopik pada pasir bertindak bagaikan pisau yang dapat mencabik-cabik. Dia juga bisa melewati retakan atau celah sempit dalam wujud ini. Selain itu, wujud debu juga sulit terdeteksi.

Ms. Marvel (Kamala Khan)

Kamala Khan mengambil alias Ms. Marvel, setelah pengguna original-nya (Carol Danvers) mengganti namanya menjadi Captain Marvel.

Kamala lahir dari keluarga Pakistan yang tinggal di New Jersey, Amerika. Meskipun berasal dari keluarga muslim, Kamala lebih terlihat seperti remaja Amerika biasa daripada seorang muslimah.

Dia sedari kecil sangat menggemari superhero, terutama The Avengers dan Carol Danvers (Ms. Marvel yang pertama). Dia bahkan mulai menulis fanfitction di internet tentang Carol Danvers (mirip fans superhero di dunia nyata).

Suatu saat, ketika pulang dari sebuah pesta (yang dia rasa tidak cocok untuknya), dia terkena Terrigen Mists, yang mempercepat evolusi genetika para Inhuman, yang berarti Kamala adalah keturunan Inhuman. Dia pun terbungkus kepompong, sementara kekuatan Inhuman-nya berkembang.

Kekuatan shape-shifting Kamala sangat luar biasa, bahkan kekuatan membentuk tubuhnya jauh di atas Mr Fantastic. Selain bisa meregangkan badan ke bentuk apa pun, dia juga bisa mengubah seluruh atau sebagian tubuhnya menjadi ukuran mini atau raksasa.

Green Lantern (Simon Baz)

Simon Baz dulunya seorang montir di daerah Detroit. Tapi setelah kehilangan pekerjaannya, dia mulai mencuri mobil untuk menambah keuangan. Di suatu hari yang teramat sial, ternyata mobil yang dia curi memiliki bom tertanam di dalamnya. Setelah kabur dari mobil yang meledak, Simon diadili dengan tuduhan terorisme.

Di tempat lain, cincin milik Hal Jordan dan Sinestro mengalami malfungsi. Cincin tersebut mengira kedua orang itu sudah mati. Cincin mereka berdua pun bergabung, dan pergi mencari penggantinya, yang akhirnya menemukan Simon Baz.

Simon Baz memiliki kekuatan Green Lantern, ditambah kekuatan unik Green Lantern yang dapat menyembuhkan. Dia juga selalu membawa pistol untuk rencana cadangan, karena dia merasa cincinnya tidak dapat diprediksi, dan tidak selamanya bisa diandalkan.

Nightrunner

Pada awalnya, Bilal Asselah hanyalah seorang Prancis-Algerian yang menggunakan keahlian parkournya untuk menjadi vigilante, dengan alias "Nightrunner", setelah sahabatnya mati dibunuh polisi. Tapi kedatangan Bruce Wayne ke Prancis membuatnya lebih dari itu.
Pada saat itu, Bruce Wayne a.k.a Batman membuat "Batman Incorporated", dimana dia membuat cabang "perwakilan" Batman di berbagai negara untuk mengurusi masalah di daerah masing-masing.

Ketika dia dan Dick Grayson (a.k.a Nightwing) tiba di Prancis, dia mendapat kabar tentang banyaknya politikus yang dibunuh oleh pembunuh misterius. Mereka lalu mendapat kabar kalau target selanjutnya adalah Leni Urbana, seorang penyanyi revolusionis.

Ketika mereka berusaha mencari pembunuhnya, mereka bertemu Nightrunner yang sedang memperingatkan si korban akan bahaya yang datang. Namun saat itu, malah si Nighrunner yang dikira pembunuhnya. Setelah menyelesaikan kesalahpahaman ini, mereka pun bekerja sama untuk menangkap pembunuh yang sebenarnya.

Bilal pun diajak Batman untuk bergabung ke "Batman Incorporated", membuatnya menjadi Batman cabang prancis. Dia pun diberi apartemen yang dilengkapi ruang rahasia tempat perlengkapannya, beserta pelatihan dari Dick Grayson untuk mempersiapkan dirinya.

Related

Entertaintment 4265333362303576947

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item