Minyak Kutus Kutus untuk Mengatasi Kesemutan di Tangan dan Kaki

Minyak Kutus Kutus untuk Mengatasi Kesemutan di Tangan dan Kaki

Naviri Magazine - Kesemutan, atau dalam bahasa medis disebut Parestesia, merupakan sensasi pada anggota tubuh tanpa adanya rangsangan dari luar. Sensasi yang dirasakan bisa berupa panas, dingin, atau seperti dirambati sesuatu.

Pada prinsipnya, kesemutan terjadi ketika terdapat gangguan atau kerusakan pada saraf yang terlibat. Karena itu, kesemutan biasanya disertai keluhan lain, berupa rasa baal, kebas atau tebal, nyeri atau sakit, dan kelemahan. Kesemutan biasanya terjadi di area tangan atau kaki.

Apa penyebab kesemutan?

Penyebab kesemutan sangat erat kaitannya dengan jaringan saraf dan aliran darah yang kurang lancar. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhinya:
  • Terlalu lama duduk atau berdiri.
  • Berada pada posisi yang salah dalam jangka waktu lama, seperti tidur dengan tangan tertindih, menonton TV dengan kaki tertekuk, dan lainnya, sehingga menyumbat aliran darah.
  • Adanya tekanan pada saraf di tulang belakang, akibat cedera dan lainnya.
  • Tingkat kalsium, kalium, atau natrium yang tidak normal pada tubuh.
  • Kekurangan asupan vitamin B12.
  • Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung racun.

Kesemutan yang sesaat pada tangan, paling sering disebabkan oleh gangguan aliran darah yang menyuplai oksigen ke saraf tangan; bisa terjadi ketika seseorang tidur miring dengan salah satu tangan tertindih badan. Kesemutan di tangan seperti ini akan hilang ketika tangan terbebas dari tindihan.

Kesemutan yang bertahan lama bisa terjadi karena cedera pada saraf, saraf terjepit, kecelakaan, kanker/tumor otak, dan stroke dini.

Kondisi yang sering berkaitan dengan kesemutan jangka panjang adalah saraf terjepit, yang paling sering adalah Carpal Tunnel Syndrome (CTS). Terjadi ketika saraf medianus (mensarafi ibu jari, telunjuk, dan jari tengah) terjepit pada terowongan di pergelangan tangan, sehingga dalam bahasa Indonesia disebut sindrom terowongan karpal.

Gejala yang ditimbulkan yaitu kesemutan, baal atau nyeri pada tangan, ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan sebagian jari manis. Gejala lebih nyata di malam hari, dan kadang sampai bisa membangunkan seseorang dari tidurnya.

Jika kesemutan terjadi pada kedua tangan (simetris), biasanya disertai juga dengan kaki kesemutan, kebanyakan karena terjadi kerusakan saraf tepi atau neuropathy perifer. Hal ini disebabkan oleh penyakit atau gangguan yang bersifat sistemik dan bukan lokal (hanya satu atau sebagian saraf yang terlibat).

Kondisi atau penyakit yang menyebabkan kesemutan ini antara lain diabetes, penyakit sistemik, kekurangan vitamin, alkohol, keracunan karena obat-obat tertentu, dan penyakit autoimun.

Cara menghilangkan kesemutan di tangan dan kaki menggunakan Minyak Kutus Kutus

Untuk mengatasi masalah kesemutan yang sering muncul pada tangan dan kaki, Anda perlu menjaga pola makan, serta rajin berolah raga. Tujuannya untuk menghindarkan kesemutan dalam jangka panjang.

Selain itu, Anda juga bisa mengatasinya secara alami, menggunakan Minyak Kutus Kutus. Caranya, balurkan Minyak Kutus Kutus pada telapak kaki, termasuk jari-jari kaki dan sela-sela jari. Kemudian, balurkan Minyak Kutus Kutus pada bagian punggung, dimulai dari tulang ekor sampai tengkuk.

Setelah itu, balurkan Minyak Kutus Kutus pada telapak tangan dan jari-jari tangan. Balurkan pula pada pergelangan tangan, sambil dipijat ringan. Lalu balurkan Minyak Kutus Kutus pada bagian bahu, sambil dipijat ringan, sampai ke bagian otot belikat.

Minumlah segelas air putih hangat sebelum dan setelah melakukan pembaluran, untuk membantu melancarkan peredaran darah.

Related

Minyak Kutus Kutus 3612421414881299846

Recent

item