Ini Penyebab Orang Korea Sangat Gemar Makan Ayam Goreng (Bagian 2)

Ini Penyebab Orang Korea Sangat Gemar Makan Ayam Goreng

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini Penyebab Orang Korea Sangat Gemar Makan Ayam Goreng - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Di seantero Cina, “KFC”—Korean Fried Chicken—sedang ngetren-ngetrennya. Kini, cabang KFC bisa dijumpai di seluruh Cina, Singapura, bahkan New York.

“Aku jarang nonton TV, tapi aku tahu semua tentang ayam goreng Korea dan bir,” kata manajer hostel, Zhou Li Hang, di Harbin. “Aku tahu tentang ayam gorang, jauh sebelum nonton My Love from the Star.”

Malangnya, glamornya kehidupan karakter perempuan utama serial itu jauh dari kenyataan pahit mengelola hof ayam. Hof ayam menyebar bak jamur di musim hujan. Namun, warung-warung ini bisa tutup kapan saja lantaran persaingan yang sengit.

Mayoritas wirausahawan hof pernah mengecap pekerjaan bergaji besar di perusahaan raksasa, macam Samsung dan Hyundai. Mereka umumnya dipecat setelah berusia setengah baya, dan mendapatkan pesangon yang lumayan besar untuk bikin usaha sendiri.

“Banyak yang mikir kalau membuka hof itu tak butuh skill, makanya banyak yang cepat banget tutup,” jelas pemilik sebuah warung barbekyu yang minta dirahasiakan namanya. “Ternyata, tak segampang yang saya kira.”

Dalam esai mengenai “Hell Joseon”—diterjemahkan menjadi “Hell Korea,” tentang fenomena mandeknya perekonomian abad 21 di masyarakat abad 19—pembelot intelektual Koo Se-woong menyebut bahwa “takdir terakhir” masyarakat Korea Selatan sejatinya membuka hof ayam.

Menurutnya, usaha ini dianggap sebagai “bentuk usaha paling tidak bergengsi dan menguntungkan” yang tetap dilakoni masyarakat Korea Selatan. “Entah karena tak ada pilihan kerja lain atau karena mereka dipaksa pensiun dini di usia 40-an.”

Surat kabar Korea Times memprediksi jumlah hof akan terus naik seiring masih tingginya angka pengangguran. Namun, harus diakui, beberapa orang memang menuai banyak rejeki dari usaha ini.

"Membuka hof tak membutuhkan skill yang rumit. Orang tak mau keluar rumah jauh-jauh cuma buat beli ayam goreng. Jadi, membuka hof dekat wilayah pemukiman adalah keputusan paling logis,” ujar Chung Chan-Rye, pemilik restoran Fusion Sul-Sang di Ilsan, kawasan selatan Ibu Kota Seoul.

Chung mengaku dirinya dan keluarganya berhasil karena tak sekadar meniru apa yang dilakukan hof lain. Dagangannya memang sama: ayam goreng dan bir, tapi mereka membuatnya sedikit berbeda. Keputusan macam ini tergolong langka dalam lanskap pemikiran di Korea Selatan, yang tak memandang barang tiruan.

“Kami berinovasi, menciptakan makanan yang berbeda, dan menjaga menu kami tetap segar,” jelas Chung. “Restoran kami cuma mau menggunakan minyak premium yang bersih dan kecap nomor satu. Kebanyakan hof cuma menjajakan mou. Di sini, kami menyediakan kimchi rumahan yang disukai pelanggan.”

Chung tak berbohong. Kalau ada alasan kenapa pelanggan terus makan di restoran tertentu di Korea, penyebabnya tak jauh-jauh dari kimchi.

Di sisi lain, majalah industri peternakan, The Poultry Site, memperkirakan penjualan daging ayam akan terus naik dalam waktu dekat. Percaya atau tidak, acara olahraga berimbas pada naiknya konsumsi ayam. “Orang Korea biasanya makan lebih banyak ayam saat pertandingan olah raga,” tulis majalah tersebut.

Keum Jeong-ja adalah seorang wanita yang ikut mengelola hof. Perempuan ini dikaruniai semangat yang tak kendur. Dalam pengakuannya, Jeong-ja mengatakan bahwa hofnya terletak di kawasan yang kurang strategis untuk menjajakan ayam goreng. Jeong-ja kukuh. Kondisi yang buruk itu tak menghalangi dia jadi salah satu orang yang berhasil menjual ayam goreng selama 15 tahun.

“Daerah ini distrik bisnis dan bukan lingkungan yang menyenangkan,” katanya. “Tapi, aku menjajakan ayam goreng dengan cinta, semangat, dan memperhatikan kebersihannya. Makanya aku sukses.”

Related

World's Fact 5369663786006046729

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item