Panduan Mencegah dan Mengatasi Gejala Hernia (Turun Berok)

Panduan Mencegah dan Mengatasi Gejala Hernia (Turun Berok)

Naviri Magazine - Hernia terjadi saat suatu organ menonjol keluar melalui celah pada otot atau jaringan penyangganya. Masalah ini paling sering terjadi pada bagian perut. Namun, hernia juga dapat terjadi pada paha atas, pusar, dan selangkangan.

Meskipun sebagian besar kasus hernia tidak mengancam keselamatan, kondisi ini tidak akan sembuh dengan sendirinya, dan membutuhkan tindakan operasi untuk mencegah komplikasi yang mungkin berbahaya.

Selain itu, ada program olahraga serta perubahan gaya hidup yang bisa Anda lakukan untuk meringankannya, dan semuanya diawali dengan langkah-langkah di bawah ini.

Sering makan dalam porsi kecil

Anda dianjurkan makan 6 kali dalam sehari dalam porsi kecil, yaitu 3 makanan utama dan 3 camilan di antaranya. Makanan porsi besar atau berat tidak dianjurkan, karena dapat memicu isi lambung berbalik arah, terutama dalam kasus hernia hiatus.

Asam lambung akan mengalir ke esofagus, karena sebagian lambung terdorong masuk melalui celah diafragma, dan mencuat ke arah dada.

Hal ini bukan alasan untuk makan lebih banyak. Camilan hanya berfungsi sebagai pelengkap makanan utama dalam porsi kecil. Awali dengan mengambil makanan sebanyak setengah atau sepertiga piring, hingga Anda terbiasa makan dalam porsi yang tepat.

Hindari makanan tertentu 

Dalam kasus hernia hiatus, hindarilah konsumsi makanan pedas, minuman berkafein, atau apa saja yang dapat mengiritasi lambung. Makanan semacam itu, yang mungkin sebelumnya Anda sukai, sekarang harus benar-benar dihindari demi mengurangi ketegangan pada saluran cerna dan tubuh.

Termasuk di dalamnya adalah teh, soda, dan kopi. Sari buah jeruk dan beberapa jenis buah-buahan juga sebaiknya dihindari, demi menjaga keseimbangan kadar asam lambung.

Meminum antasida sekali sehari sebelum makan juga dapat membantu mengendalikan gejala hernia hiatus, terutama jika Anda tidak sengaja mengonsumsi sesuatu yang dapat mengiritasi lambung.

Kurangi aktivitas setelah makan

Jangan berbaring, membungkuk, maupun beraktivitas, tepat setelah makan. Aktivitas ini dapat membuat isi lambung berbalik arah, seperti telah dijelaskan sebelumnya. Menghindari aktivitas seperti ini juga dapat mencegah masalah pada bagian yang sakit bertambah berat.

Turunkan berat badan

Kelebihan berat badan akan meningkatkan tekanan dalam rongga perut, dan menyebabkan usus menonjol keluar hingga menyebabkan hernia. Menjalani pola makan sehat (meliputi sering makan dalam porsi kecil), dan berolahraga sesuai kondisi tubuh, dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Sebelum mengubah pola makan dan program olahraga secara drastis, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan memberikan panduan yang tepat untuk menurunkan berat badan, tanpa mengganggu kesehatan Anda.

Related

Tips 84509153013146891

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item