Panduan Mengatasi Penyakit Gusi dengan Obat-obatan Apotek

Panduan Mengatasi Penyakit Gusi dengan Obat-obatan Apotek

Naviri Magazine - Mengobati penyakit gusi dengan rawatan rumah bisa dilakukan, dan sekaligus membantu untuk menyembuhkan berbagai masalah gusi, seperti gingivitis, periodontitis, serta beberapa masalah lain yang perlu ditangani secara serius.

Pengetahuan tentang hal-hal sederhana ini akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan mulut yang baik untuk diri sendiri. Ini juga akan menimbulkan kesadaran tentang kesehatan gusi dan gigi, serta menginformasikan cara pengobatan termudah yang dapat dilakukan di rumah.

Ada hal-hal yang dapat Anda coba sendiri untuk mengobati penyakit gusi. Tetapi, jika gejala meningkat dan Anda mengalami gusi berdarah terus-menerus, kunjungi dokter gigi dengan segera. Sementara itu, Anda bisa membaca tips untuk meningkatkan kesehatan gusi Anda.

Gunakan probiotik gigi

Lozenges yang mengandung Lactobacillus reuteri prodentis adalah bakteri "ramah" yang hidup di dalam usus, yang disebut sebagai rawatan efektif untuk gingivitis karena kemampuan mereka mengembalikan keseimbangan alami mulut, setelah Anda menggunakan antiseptik mulut, obat kumur serta gel yang mengandung anti-bakteri.

Mengonsumsi CoQ10

Co-enzim Q10 (juga dikenal sebagai ubikuinon) adalah zat mirip vitamin yang membantu tubuh mengubah gula dan lemak menjadi energi. Menurut Mayo Clinic, studi awal menunjukkan CoQ10 yang diminum atau ditempatkan pada kulit atau gusi dapat membantu pengobatan periodontitis.

Berkumur-kumur dengan Listerine

Tidak termasuk obat kumur dengan resep dokter, Listerine telah terbukti menjadi obat kumur yang paling efektif untuk mengurangi plak dan radang gusi. Disarankan Anda menggunakannya selama 30 detik, dua kali sehari.

Meskipun minyak esensial yang terkandung dalam cairan ini dapat menyebabkan rasa terbakar di mulut, kebanyakan orang seringkali bisa menyesuaikan diri setelah penggunaan beberapa hari.

Semprot gusi yang bermasalah

Coba tambahkan penggunaan semprotan yang mengandung klorheksidin (CHX), anti-bakteri yang kuat, dengan kemampuan menghambat karang gigi, dalam rutinitas perawatan gigi Anda.

Satu studi pada pasien usia lanjut, kelompok yang berisiko untuk penyakit periodontal, ditemukan bahwa aplikasi sehari sekali semprotan CHX 0,2% mengurangi akumulasi karang gigi dan peradangan yang disebabkan oleh radang gusi.

Gunakan Genigel

Produk ini mengandung asam hialuronik, zat alami yang ditemukan dalam jaringan ikat tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa hialuronat memiliki sifat anti-peradangan, antiedematous, dan anti-bakteri yang efektif untuk pengobatan gingivitis dan periodontitis.

Saat Genigel dioleskan ke gusi, ia merangsang produksi jaringan baru yang sehat. Dalam uji coba di Universitas Rostock, Jerman, para ilmuwan menemukan bahwa ia dapat meningkatkan penyembuhan jaringan hingga setengahnya, meningkatkan suplai darah, serta mengurangi peradangan.

Gunakan pasta gigi minyak tea tree 

Minyak tea tree membunuh bakteri. Karang gigi adalah bakteri. Jadi gunakan pasta gigi minyak tea tree untuk membantu membersihkan gigi dari karang gigi, dan meringankan rasa sakit gusi yang mungkin Anda derita.

Anda juga dapat menambahkan setetes minyak tea tree ke pasta gigi yang biasa Anda gunakan setiap kali Anda menyikat gigi. Jika Anda menggunakan ekstrak minyak tea tree, pastikan tidak menelannya, karena dapat menyebabkan iritasi lambung, termasuk diare.

Related

Tips 7935770128681637981

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item