Panduan Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi secara Mudah

Panduan Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi secara Mudah

Naviri Magazine - Karang gigi adalah plak yang telah mengeras pada gigi. Karang gigi juga bisa terbentuk dari bawah gusi, dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Karang gigi memperluas area bagi plak untuk berkembang, dan menyebabkan permukaan jadi lebih lengket, dan hal ini akan menyebabkan penyakit gigi yang lebih parah, yaitu radang gusi.

Selain merugikan kesehatan, karang gigi juga akan mengurangi rasa percaya diri. Karang gigi akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, dan gigi yang menguning.

Cara menghilangkan karang gigi secara alami adalah dengan mengubah atau memperbaiki pola hidup. Berikut adalah cara agar karang gigi tidak semakin parah:

Rajin menggosok gigi

Sejak kecil, Anda pasti sudah diajar dan dianjurkan untuk selalu menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari. Namun sebaiknya tidak hanya 2 kali sehari, Anda juga dianjurkan untuk menyikat gigi selama 2 menit. Hal ini untuk memastikan semua gigi telah tersikat dengan benar-benar bersih dan merata.

Menggunakan pasta gigi dengan fluoride

Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, agar gigi bisa bersih dari sisa makanan secara sempurna. Fluoride mampu mencegah plak agar tidak berkembang.

Selain fluoride, Anda bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Kandungan-kandungan tersebut mampu untuk menghilangkan noda kekuningan dan plak dengan efektif.

Flossing

Flossing adalah membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Tentunya menggunakan benang khusus untuk gigi. Dengan menggunakan benang, plak yang ada di sela-sela gigi akan dapat terjangkau, dan bisa dibersihkan dengan lebih mudah dan cepat.

Menggunakan mouthwash

Cara membersihkan gigi selanjutnya agar lebih efektif dan benar-benar bersih adalah dengan menggunakan mouthwash. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan proteksi tambahan dan cara menghilangkan ekstra, setelah menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride dan flossing.

Tidak makan sembarangan

Tidak makan dengan sembarangan adalah hal yang perlu dilakukan agar tidak memperparah karang gigi, atau untuk mencegah karang gigi.

Bakteri yang berkembang biak di mulut berasal dari makanan yang masuk ke dalam mulut kita. Terutama saat kita mengonsumsi makanan manis dan bertepung, kita akan semakin memberi kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak.

Karena saat bakteri bertemu dengan makanan manis dan bertepung, mereka akan mengeluarkan zat asam.

Hindari atau kurangi merokok

Semua orang tahu bahaya merokok. Zzat-zat berbahaya yang ada dalam rokok, selain dapat memicu kanker paru-paru yang mematikan, juga dapat menimbulkan karang gigi yang jauh lebih sulit dibersihkan jika dibandingkan dengan karang gigi yang dihasilkan oleh sisa-sisa makanan.

Related

Tips 5711665944465977152

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item