Sekarang Ada Teknologi Baru yang Bisa Menghancurkan Batu Ginjal

Sekarang Ada Teknologi Baru yang Bisa Menghancurkan Batu Ginjal

Naviri Magazine - Pengangkatan batu ginjal dari dalam tubuh tak selalu harus dengan operasi pembedahan. Dengan metode Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL), batu ginjal akan dihancurkan, kemudian keluar melalui saluran kencing.

Dokter spesialis urologi dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Charles Martamba Hutasoit, menjelaskan, ESWL menggunakan gelombang suara kejut (bukan laser) untuk menghancurkan batu ginjal menjadi pecahan kecil dan halus.

Pasien cukup berbaring, dan tubuh didekatkan dengan alat ESWL. Melalui minimal radiasi X-ray dan USG, dokter akan melihat posisi batu ginjal. Saat tindakan, gelombang suara kejut akan diarahkan tepat sasaran pada batu ginjal yang akan dihancurkan.

"Ada fokus satu, dua, dan tiga yang bisa mengatur pengarahan gelombang untuk fokus, juga bisa mengurangi rasa nyeri," kata Charles dalam diskusi di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta.

Dari monitor, tim dokter akan melihat apakah batu bisa dihancurkan atau tidak. Tindakan biasanya berlangsung selama sekitar 1 jam, dan pasien tidak dibius.

"Rasanya kayak dijepret karet. Kadang pasien merasa seperti dipijat sampai bisa tertidur," lanjut dokter spesialis urologi lainnya, Johanus W Soelistyo, dari Urology Center RS Siloam Kebon Jeruk.

Johanus atau dokter yang akrab disapa Yongki ini menambahkan, ESWL bisa digunakan pada semua usia. Sebelum tindakan, pasien tentu akan menjalani pemeriksaan lain terlebih dahulu, seperti cek fungsi ginjal, dan apakah pasien memiliki gangguan perdarahan.

Kemampuan ESWL untuk menghancurkan batu pun tergantung jenis dan ukuran batu. Jenis batu yang sulit dihancurkan yaitu batu dengan kandungan kalsium. Batu kalsium lebih keras dibanding batu barupa asam urat.

ESWL pun bisa dilakukan berulang kali, untuk dapat menghancurkan batu secara optimal. Namun, tidak disarankan jika batu terlalu keras dan ukurannya besar.

Related

Technology 1414726581874536979

Recent

item