Seperti Inilah Menjalani Kuliah di STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

 Seperti Inilah Menjalani Kuliah di STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

Naviri Magazine - Perkuliahan di PKN STAN untuk program D-III dilaksanakan selama 6 semester, atau kurang lebih selama 3 tahun di Bintaro, Tangerang Selatan (non bea cukai), dan di Rawamangun, Jakarta Timur (Bea Cukai).

Sedangkan program D-I pendidikan dilaksanakan selama 2 semester, atau kurang lebih 1 tahun, di berbagai Balai Diklat Keuangan yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Mahasiswa tidak dipungut biaya kuliah selama mengikuti pendidikan.

Perkuliahan di sini tak seperti di perguruan tinggi umum yang lain. Salah satu bedanya, misalnya masalah seragam. Di sini ada aturan pakaian yang wajib dipatuhi oleh mahasiswa. Misalnya, hari Senin dan Rabu memakai kemeja putih dan bawahan hitam, Selasa dan Jumat memakai kemeja cerah dan bawahan gelap, lalu Kamis memakai batik.

Selain itu, kuliah di STAN memakai sistem paket. Jadi semua mata kuliah sejak tahun pertama sampai tahun terakhir sudah ditentukan. Tak ada sistem KRS seperti halnya perguruan tinggi lain.

Di tengah dan akhir semester, ada UTS dan UAS yang akan menentukan Indeks Prestasi (IP) mahasiswa. Jadi perkuliahan di STAN bisa dibilang tak jauh beda dengan sistem di SMA/sederajat.

Kegiatan non akademis

Selain kegiatan akademis, di STAN juga penuh kegiatan non akademis. Kegitan non akademis di STAN meliputi bidang Olahraga (Pekan Mahasiswa, STAN Runners, STAN Billiard), Seni dan Budaya (Festival Budaya Nusantara, Sabdanusa, Teater Alir, SMC, Animac, Revival, Paduan Suara Vocawardhana, dll), Komunikasi (Radioblast, Mediacenter, Fotografi), Pecinta alam (Stapala), dan lain-lain.

Selain itu, kuliah di STAN juga kental dengan organisasi perkumpulan tiap daerah. Tiap daerah punya nama-nama perkumpulan, seperti Kamadiri (Keluarga Mahasiswa Kediri), Paspilo (Solo), Maharema (Malang), Himasurya (Surabaya), dan lain-lain. Organisasi ini nanti akan membantumu dalam hal seperti pencarian kost, dan mengelola try out USM PKN STAN di daerah masing-masing.

Related

Education 1156563744830360810

Recent

item