Sains Populer: Mengenal Teori Gravitasi Isaac Newton

Sains Populer: Mengenal Teori Gravitasi Isaac Newton

Naviri Magazine - Pada tahun 1600-an, fisikawan Inggris, Isaac Newton, sedang duduk di bawah pohon apel, kemudian sebuah apel jatuh di kepalanya. Ia pun bertanya-tanya mengapa apel tertarik ke tanah.

Newton kemudian mempublikasikan Teori Gravitasi Universal pada 1680-an. Pada dasarnya, gagasan yang ditetapkannya adalah bahwa gravitasi sebuah gaya yang dapat diprediksi, yang bekerja pada semua materi di alam semesta, dan merupakan fungsi dari massa dan jarak.

Teori ini menyatakan bahwa setiap partikel dari sebuah materi akan menarik setiap partikel lain (misalnya partikel dari Bumi akan menarik partikel dari Anda) dengan gaya yang berbanding lurus dengan jumlah massa mereka, dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara mereka.

Jadi, semakin jauh partikel-partikel tersebut terpisah, dan/atau semakin kecil massa partikel-partikel tersebut, maka gaya gravitasi akan semakin kecil, begitu pula sebaliknya. Rumus standar untuk hukum gravitasi adalah:

Gaya gravitasi = (G x m1 x m2) / (d²)

Di mana G adalah konstanta gravitasi, m1 dan m2 adalah massa dua benda, dan d adalah jarak antara pusat gravitasi dari dua massa. G memiliki nilai 6,67 x 10E-8 dyne x cm²/gram². Jadi, jika Anda menempatkan dua benda dengan massa 1 gram dengan jarak 1 centimeter, mereka akan menarik satu sama lain dengan kekuatan 6,67 x 10E-8 dyne.

Dyne setara dengan sekitar berat 0,001 gram, yang berarti bahwa jika Anda, misalnya, memiliki gaya sebesar 1 dyne, Anda dapat mengangkat benda seberat 0,001 gram dalam medan gravitasi bumi. Jadi 6,67 x 10E-8 dyne adalah gaya yang sangat kecil.

Ketika Anda berurusan dengan benda besar seperti Bumi, yang memiliki massa sebesar 6E+24 kilogram, maka gaya gravitasi yang dihasilkan sangat kuat. Itulah alasan mengapa Anda tidak melayang-layang di ruang angkasa sekarang.

Gaya gravitasi yang bekerja pada sebuah benda juga sama dengan berat objek tersebut. Bila Anda menimbang berat badan di timbangan, maka timbangan tersebut akan membaca berapa banyak gravitasi yang bekerja pada tubuh Anda. Rumus untuk menentukan berat suatu objek adalah:

Berat = m x g

Di mana m adalah massa benda, dan g adalah percepatan gravitasi. Percepatan gravitasi di bumi adalah 9,8 m/s² dan tidak pernah berubah. Itu sebabnya jika Anda menjatuhkan kerikil, buku, atau sebuah sofa, dari atap rumah, mereka akan menyentuh tanah pada waktu bersamaan.

Selama ratusan tahun, teori gravitasi Newton berdiri sendirian di komunitas ilmiah, yang akhirnya berubah pada awal tahun 1900-an.

Related

Science 2468596158669524893

Recent

item