Ternyata Ini Penyebab Ayam Suka Mematuk-matuk Kerikil

Ternyata Ini Penyebab Ayam Suka Mematuk-matuk Kerikil

Naviri Magazine - Jika kita perhatikan ayam-ayam yang sedang berkeliaran, mereka tidak hanya sibuk mematuk-matuk makanan yang ditemukan, namun juga mematuk atau memakan kerikil atau batu-batu kecil. Mengapa ayam mematuk kerikil?

Sebenarnya tidak hanya ayam yang memakan kerikil, tapi juga sebagian besar unggas. Mereka mematuk kerikil atau batu kecil, karena di dalam tubuh mereka ada bagian khusus yang disebut tembolok.

Fungsi tembolok adalah untuk melancarkan pencernaan. Ketika mereka memakan kerikil, batu-batu kecil itu akan menumpuk dalam tembolok.

Ayam, atau unggas lain, tidak memiliki gigi, sehingga mereka tidak bisa mengunyah makanan sampai halus. Pada waktu makan, tembolok akan bergerak-gerak membantu pencernaan.

Makanan yang masuk ke dalam tembolok akan dihaluskan, sehingga fungsi tembolok bisa dibilang sebagai pengganti gigi. Untuk melancarkan kerja tembolok, ayam perlu memakan kerikil.

Related

Science 5234576862545084111

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item