Tips Memilih Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Tips Memilih Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Naviri Magazine - Jaga pola makan sehat untuk melindungi gigi dan gusi. Pastikan Anda makan berbagai makanan seha,t dan membatasi konsumsi makanan yang mengandung zat tepung atau gula yang tinggi. Zat tepung dan gula meningkatkan asam mulut, dan pada akhirnya bisa merusak gigi.

Batasi konsumsi makanan cepat saji/soda atau makanan manis dan lengket lainnya. Makanan jenis ini menempel ke gigi, dan akan diubah menjadi asam oleh bakteri yang tinggal di dalam mulut.

Bakteri, asam, sisa makanan, dan air liur yang melekat pada gigi, akan bergabung membentuk plak gigi, yang berfungsi menjadi dasar pembentukan karang gigi. Asam dan plak juga akan merusak struktur email gigi, membuat gigi berlubang.

Makanlah banyak buah, sayuran, dan makanan sehat lainnya seperti gandum cokelat utuh, dan roti dari berbagai gandum.

Minum segelas susu merupakan sumber kalsium yang tepat, penting untuk menjaga kepadatan gigi.

Meski Vitamin D dipercaya membantu mengurangi kerusakan gigi, hal ini belum dibuktikan secara pasti. Jangan bergantung pada suplemen vitamin untuk menjaga kesehatan gigi.

Minumlah air putih yang cukup. Anda bisa “membersihkan” sisa makanan setelah makan dengan minum air yang segar. Selain memiliki berbagai manfaat kesehatan lain, air bisa mencegah pembentukan plak gigi.

Hindari produk tembakau. Rokok dan produk tembakau lain sangat merusak gusi. Para perokok lebih rentan terhadap penyakit gusi. Anda mungkin merasakan bahwa kebiasaan merokok Anda membawa beberapa masalah gusi, mulai dari gusi sensitif dan berdarah, sampai gusi nyeri.

Atasi heartburn dan kelainan pola makan sesegera mungkin. Heartburn parah bisa menyebabkan asam lambung naik ke mulut dan mengikis email gigi.

Hal yang sama terjadi pada bulimia, kelainan pola makan yang melibatkan cuci perut atau muntah setelah makan. Segera obati kondisi ini sebelum merusak kesehatan lebih jauh.

Related

Tips 5952211905350159163

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item