Tips Mengatasi Hidup Susah dan Tertekan karena Masalah Keuangan

Tips Mengatasi Hidup Susah dan Tertekan karena Masalah Keuangan

Naviri Magazine - Gaya hidup sering menjadi topik utama yang diperbincangkan. Lingkungan masyarakat sangat memengaruhi Anda dalam menentukan gaya hidup.

Bagaimana tidak? Jika salah satu orang membeli suatu barang, lalu barang tersebut Anda rasa bagus dan juga memuaskan, pasti akan terpengaruh untuk ingin memilikinya.

Banyak orang yang selalu ingin tampil kekinian dan dianggap modis di lingkungan masyarakat sekitarnya. Padahal, pemasukan dari bekerja hanya cukup untuk membeli barang seperlunya saja.

Tekanan sosial membuat Anda tidak dapat melihat mana barang yang dibutuhkan dan mana yang diinginkan. Olek karena itu, jika Anda merasa hidup seolah tertekan karena kondisi keuangan, coba lakukan ini.

Jujur akan kemampuan keuangan diri

Hal yang paling baik adalah jujur terhadap diri sendiri. Anda adalah pemilik masa depan, penentu dan penggerak dalam hidup diri sendiri.

Dalam menjalankan hidup, Anda hendaknya tidak terlalu mementingkan pemikiran orang lain. Maksudnya, jangan terlalu menelan mentah-mentah apa saja yang orang lain katakan.

Namun, jangan juga menjadi orang egois dan tidak mendengarkan nasihat orang lain. Masukan-masukan atau motivasi serta kritikan yang berasal dari orang lain sebenarnya adalah apa yang ada dalam diri, namun Anda tidak dapat merasakan sendiri.

Sebab apa yang Anda lakukan justru orang lain yang melihat dan merasakan. Dalam hal ini, yang terbaik adalah menerima kritik dan juga motivasi dari orang lain. Namun untuk menjalankannya, Anda dapat mengolah dan memilah mana saja kiritik yang sesuai dan tidak, guna memperbaiki diri Anda.

Kebutuhan memang tidak selalu sama setiap hari. Sifat manusia selalu ingin banyak hal, sehingga membuatnya ketergantungan dan butuh akan hal yang awalnya diinginkan tersebut.

Jadi, sebaiknya dalam berbelanja atau memenuhi kebutuhan hidup, hendaklah membuat skala prioritas. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apa saja yang diperlukan, dalam segi poin yang paling utama hingga benda yang tidak terlalu dibutuhkan.

Mengatur keuangan sebaik mungkin, dan belilah benda yang sesuai bujet pribadi Anda. Dengan demikian, hidup Anda akan tenang.

Ketahui apa yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan

Anda harus membeli apa-apa yang menjadi kebutuhan Anda, bukan keinginan Anda. Seringkali, orang-orang tidak mampu membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan.

Untuk itu, sebelum membeli barang, Anda harus memikirkan apakah sangat berguna buat hidup Anda, atau hanya sebagai media untuk menambah kemewahan pada diri Anda.

Jika Anda membeli, apakah tidak akan berpengaruh dengan keuangan yang akan dipakai untuk hari-hari berikutnya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut hendaklah dipikirkan sebelum membeli sesuatu.

Hal keempat yang harus Anda tanamkan adalah berpikir positif. Terkadang, perasaan yang muncul adalah buah dari pemikiran Anda sendiri.

Jauhi sikap mudah tersinggung yang menyebabkan Anda mudah marah dan kurang percaya diri. Selalu berpikir positif pada semua hal akan membuat Anda menjadi orang yang kaya.

Sebenarnya, orang yang kaya bukan orang yang kesana kemari mengendarai mobil, berpakaian mewah, serta berhias emas.

Orang kaya adalah orang yang merasa cukup dan selalu tenang hidupnya, tanpa berpikir hal negatif. Orang kaya adalah yang dapat menghargai diri sendiri, dan bangga dengan apa saja hal baik yang telah dilakukannya.

Berteman dengan orang yang mendukung

Anda harus mampu membedakan mana teman yang benar-benar tulus bersahabat, baik dalam suka maupun duka.

Banyak sekali teman yang hanya hadir saat Anda senang, kemudian lupa ketika Anda dalam posisi titik terendah. Untuk itu, kenali diri sendiri dan bertemanlah dengan orang yang dapat membawa energi positif terhadap Anda.

Tidak perlu menyukai teman dan juga membenci seseorang terlalu lebih. Untuk itu, bertemanlah sewajarnya dan bercanda secukupnya. Saling mengingatkan adalah sikap yang paling baik.

Dengan mendapatkan teman yang baik, hidup Anda tidak akan menjadi hidup orang lain yang ditutup-tutupi. Melainkan menjadi hidup Anda sendiri yang membuat Anda senang, tenang, dan menikmatinya.

Related

Tips 5953456827778326144

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item