Facebook Buka Lowongan Kerja untuk Orang yang Suka Googling

Facebook Buka Lowongan Kerja untuk Orang yang Suka Googling

Naviri Magazine - Dalam langkah menumpas berita bohong, Facebook akan merekrut karyawan part-time untuk meng-googling semua yang mereka lihat di platform, dan memastikan keabsahannya.

Siapa pun bisa melamar di posisi “community reviewers” ini, tapi Facebook lebih mengutamakan orang yang tak punya pengalaman fact-checking atau jurnalistik sama sekali. Tugasnya nanti mengecek jutaan konten yang dilaporkan setiap hari oleh algoritma kecerdasan buatan perusahaan.

Community Reviewers harus membuktikan konten palsu di platform, sebelum melaporkannya kepada pihak ketiga atau organisasi pencari fakta profesional, yang membuat keputusan akhir. Dengan begini, proses pencarian fakta diharapkan lebih cepat selesai.

Kandidat harus mewakili pengguna dari Amerika Serikat, dan “mencerminkan sudut pandang beragam pengguna Facebook,” tulis Henry Silverman, selaku manajer produk dalam blog.

Henry mengklaim, Facebook “telah membuat kemajuan signifikan dalam mengurangi disinformasi melalui kemitraan kami dengan beberapa pencari fakta terkemuka di dunia.”

Namun, para pencari fakta malah berkata sebaliknya.

Awal tahun ini, Bloomberg melaporkan hanya ada 11 orang yang mencoba membendung serangan berita palsu di Facebook dan WhatsApp selama pemilihan umum India. Sementara itu, The Guardian membeberkan pencari fakta tak lagi mempercayai Facebook, dan program ini hampir tak memberikan hasil.

Facebook memang bersedia merekrut lebih banyak orang untuk memerangi berita palsu—mereka bahkan memperluas pemeriksaan fakta di Instagram—tetapi programnya jadi tak berguna apabila mereka memutuskan takkan memeriksa konten yang diunggah politikus.

Guna menghindari klaim bias, Facebook berniat mempekerjakan karyawan part-time dari berbagai sudut pandang politik. Namun, melihat betapa seringnya orang konservatif menuduh Facebook anti-konservatif, pencari fakta amatiran ini bisa menjadi sasaran empuk bagi mereka yang merasa suaranya dibungkam.

Related

News 5109192760247806998

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item