Hasil Riset: Anak-anak China Menjadi Murid Paling Pintar di Dunia

Hasil Riset: Anak-anak China Menjadi Murid Paling Pintar di Dunia

Naviri Magazine - Kepintaran siswa di China melampaui anak-anak di negara lain. Dalam survei soal membaca, matematika, dan ilmu pengetahuan, siswa China berada di peringkat nomor wahid.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi Dunia (OECD). Badan tersebut menggelar survei terhadap pelajar berusia 15 tahun di seluruh dunia.

Hasilnya, empat provinsi di China, yaitu Beijing, Shanghai, Jiangsu, dan Zhejiang, memiliki kemampuan ilmu pengetahuan dan matematika paling tinggi.

Dalam hal membaca, 10 persen siswa China yang paling tidak beruntung punya keterampilan lebih baik dibandingkan negara OECD lain.

"Kualitas sekolah mereka hari ini akan memberikan mereka kekuatan ekonomi esok hari," sebut Sekjen OECD, Angel Gurria, seperti dikutip dari Bloomberg.

Survei Program Penilaian Pelajar Internasional (PISA Study) OECD, total telah meneliti 600 ribu siswa dari 79 negara. Kesimpulannya, banyak negara kesulitan meningkatkan mutu pendidikan, meski sudah memfokuskan membenahi persoalan tersebut.

"Sangat mengecewakan sebagian besar negara OECD hampir tidak mengalami peningkatan kinerja siswa, sejak PISA pertama kali dilakukan pada 2000 lalu," sebut Gurria.

Laporan tersebut turut menyoroti kesenjangan akses pendidikan yang tergantung latar belakang sosial ekonomi. Bahkan di negara-negara yang sudah mengalokasikan dana besar untuk pendidikan, latar belakang ekonomi masih jadi alasan utama seberapa sukses hasil pendidikan yang diterima.

Bahkan secara rata-rata, 12 persen kinerja membaca siswa terkait erat dengan status sosial ekonomi. 

Related

News 4734466739817684185

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item