Dunia Makin Gila! Sekarang, Arwah Orang Mati pun Diperjualbelikan

 Dunia Makin Gila! Sekarang, Arwah Orang Mati pun Diperjualbelikan

Naviri Magazine - Ini adalah kabar dari eBay: kumpulan paranormal tukang jualan yang menyamarkan mistisisme bikinan rumah mereka, ke orang-orang yang membutuhkan. Model bisnis ini lumayan sederhana.

Menjelaskan lewat email, pasokan barangnya datang dari entah kolektor barang berhantu yang sedang menjual koleksi, atau mengambil “obyek biasa” dan mengikat “arwah ke dalam wadahnya.”

Kalau kamu melihat koleksi barang jualannya, kamu akan menemukan banyak item yang sepertinya diambil dari toko loak setempat—ornamen tua kitsch dengan cahaya fantasmagorik yang redup.

Namun kerja keras untuk menjadi tukang sihir kapitalis yang sukses, terletak di presentasinya; menciptakan strategi jualan yang sempurna untuk meyakinkan para skeptis bahwa barang dagangannya memang memiliki nilai supernatural.

Tidak ada kepastian tentang obyek apa yang dianggap berhantu, biarpun melihat barang dagangan para paranormal eBay, tampaknya boneka anak kecil menjadi pilihan utama. Memasukkan kata “boneka berhantu” ke search bar memunculkan ratusan hasil.

Kebanyakan mainan-mainan ini terlihat kuno, seperti dibuat di era Victorian—wajah porselen, gaun berenda, pipi merah—dan mereka semua memiliki kisah hantu autobiografikal sendiri-sendiri.

Misalnya Lillian. Dijual oleh pedagang bernama Fayetality, Lilian mengandung arwah perempuan berumur 10 tahun yang meninggal setelah kepalanya retak akibat tergelincir di tanggal yang licin, tulis deskripsi boneka tersebut. Dia bisa berkomunikasi dengan calon pembeli melalui “spirit board, pendulum, EVP, dadu arwah, dan di dalam mimpi.”

“Bersiaplah untuk mengalami aktivitas paranormal, bila kamu bersedia mengadopsi Lilian,” tulis Fayetallity.

“Percayalah, dia adalah anak yang murni dan tidak berdosa. Tidak ada kenegatifan yang akan muncul dari Lillian. Dia sangat baik. Ketika kamu merasakan kehadiran Lillian, kamu merasakan betapa tulusnya intensi dia. Lillian mengurangi rasa kecemasan, dan menjaga perasaan dan entitas negatif jauh-jauh. Dia adalah sosok spiritual yang akan membuatmu percaya.”

Laci adalah seorang perawat terdaftar di unit perawatan neonatal, yang juga merupakan penjual eBay bernama MysticMagicks. Dia telah menjual materi berhantu (dan terutama boneka kerasukan) selama 15 tahun, dan mengaku bahwa dia menilai barang jualannya berdasarkan barometer gaib yang berbeda-beda.

“Item diberi harga berdasarkan tingkat aktivitas arwah dan jenis arwah yang menaungi,” jelasnya lewat layanan pesan pelanggan eBay.

“Misalnya, apabila sebuah arwah banyak dicari, maka harganya akan naik. Orang cenderung menyukai arwah yang aktif tapi tidak menimbulkan gangguan. Mereka juga menyukai arwah yang memiliki bakat khusus—misalnya yang bisa membantu mengeluarkan mantra, membuat kamu mengalami penglihatan, dan menimbulkan mimpi yang hidup.”

Hal lain (dan tidak mengejutkan) yang bisa meningkatkan nilai sebuah arwah adalah betapa cantiknya obyek yang menjadi wadah mereka bernaung. Ini jelas terlihat di halaman akun Laci, yang menampilkan kotak perhiasan membosankan seharga Rp335.575 hingga jubah seharga Rp1.073.840.

Jawaban mengapa arwah cenderung merasuki boneka dibanding obyek lainnya, Laci mengatakan bahwa mereka tertarik dengan figur berbentuk manusia.

Laci mengklaim bahwa mereka yang membeli produknya secara konsisten mengalami “pengalaman paranormal,” dan bersumpah tidak akan menjual item apa pun yang tidak mengandung arwah.

Sementara HauntedDollys, penjual lain, telah membangun sebuah komunitas kecil yang akrab—mengadakan acara undian bulanan, dan mendedikasikan waktu satu-lawan-satu dengan pelanggan untuk “menemukan produk yang sesuai untuk mereka.”

Barang dagangannya yang paling populer adalah tas mantera dan buku catatan pengabul keinginan. Produk yang terakhir ini datang dengan testimoni dari seorang pelanggan yang mengaku kekuatan produk ini membantu mengembalikan listrik ke rumahnya di Florida, ketika diserang badai Irma.

Kalau kamu penasaran bagaimana bisa para pedagang ini lolos menjual obyek-obyek dengan tingkat kejujuran paranormal yang layak dipertanyakan, jawabannya adalah bahwa mereka secara teknis sebetulnya tidak lolos.

Lillian sudah pasti tidak akan memberikan pengalaman metafisik yang otentik, dan tidak ada buku catatan yang akan melindungimu dari badai kategori 5. Dia menjual “tas penurun berat badan” yang akan membantu “membakar kalori lebih cepat,” dengan berpura-pura memanggil Malaikat Fitness dan semacamnya.

Dulu eBay memang sempat penuh dengan tukang sihir amatir yang menjual mantra, kutukan dan lingkaran doa—yang akhirnya dilarang pada 2012 setelah adanya perubahan kebijakan di situs eBay. Keputusan tersebut memaksa orang untuk menjual barang paranormal jasmaniah, dengan disclaimer yang menjelaskan bahwa mereka tidak menjamin hal-hal paranormal akan terjadi.

Fayetality menulisnya di bab pembukaan deskripsi Lillian: “Sesuai dengan kebijakan eBay perihal paranormal untuk mengindikasikan bahwa eBay melarang penjualan item tidak berwujud, saya menyatakan hanya menjual BONEKA BERWUJUD TANPA janji ada arwah terkandung. eBay mengharuskan saya mengatakan bahwa semua ini HANYA UNTUK TUJUAN HIBURAN.”

Ini jelas menciptakan dinamika yang aneh, di mana penjual paranormal harus seolah mengedipkan mata ke calon pembeli, tapi kebijakan eBay belum benar-benar menghapus sisi spiritual situs mereka.

Related

World's Fact 3064118536124102058

Recent

item