Belajar Mencintai Diri Sendiri untuk Menumbuhkan Percaya Diri

Belajar Mencintai Diri Sendiri untuk Menumbuhkan Percaya Diri

Naviri Magazine - Belajar untuk berteman dengan diri kita sendiri. Belajar untuk mencintai diri sendiri, lalu belajar untuk mengenali diri kita sendiri. Kalau kita tak bersahabat dan mencintai diri kita sendiri, bagaimana kita bisa mengenali diri kita?

Tak mudah memang, tapi bukan berarti tak bisa. Terkadang kita terlalu mudah mendengarkan pendapat orang lain, menerima semuanya tanpa menyaringnya terlebih dulu, sehingga kita jadi stres sendiri dan lupa untuk mencintai diri kita.

Karena perjuangan terbesar dalam hidup adalah perjuangan untuk menerima, dan mencintai diri sendiri. Dengan semua ketidaksempurnaan kita, apakah kita sudah mencintai diri sendiri?

Beikut ini 7 cara yang bisa kamu coba untuk mulai mencintai dirimu sendiri.

Jujur dengan diri sendiri tentang apa yang disukai

Jujur pada diri sendiri sebenarnya hal sepele yang kita semua bisa lakukan. Tapi jadi tak mudah ketika kita selalu takut terlihat buruk di mata orang lain.

Misalnya kita suka "A", tapi karena takut terlihat buruk dan aneh di mata orang lain, kita bilang suka "B". Lucunya, untuk banyak hal, ini sering terjadi tapi kita tak sadar bahwa kita membohongi diri sendiri. Bagaimana mau mencintai diri sendiri, kalau masih suka membohongi diri sendiri?

Lupakan tentang rasa takut, ambil keputusan, dan terima hasil atas apa yang kita lakukan

Untuk mendapatkan yang kita mau, tentu kita harus mengambil keputusan. Kalau tak mengambil keputusan dan tak melakukan sesuatu, bagaimana kita mendapetkan apa yang kita mau? Kalau dalam mengambil keputusan kita melakukan kesalahan, itu menunjukan kita sedang melewati proses, kita terus bergerak untuk mendekat dengan apa yang kita inginkan.

Banyak orang yang sadar dengan hal ini, tapi takut mengambil keputusan, takut membuat kesalahan, takut terlihat jelek. Kamu tidak benar-benar mencintai dirimu sendiri, kalau kamu tidak melakukan hal yang sebenarnya ingin kamu dapatkan.

Kamu tidak akan pernah tahu keputusanmu benar atau salah. Tapi selama kamu bisa mengubah itu menjadi sesuatu yang baik, itu tidak pernah jadi sebuah kesalahan.

Memaafkan kesalahan di masa lalu

Bukan masalah kalau kita mengingat kesalahan di masa lalu untuk diambil pelajarannya, agar kita tak mengulangninya di masa sekarang atau yang akan datang. Tapi kalau mengingat terus kesalahan di masa lalu, jadinya tidak sehat. Banyak dihantui rasa bersalah akhirnya bikin stres.

Memaafkan kesalahan yang kita buat bukan berarti harus melupakan. Salah satu cara mencintai diri sendiri adalah dengan memaafkan diri sendiri. Apa pun yang kita lakukan, kesalahan apa pun, terima dan bertanggung jawablah.

Percaya pada kemampuan diri, bahwa kita bisa mendapatkan yang kita mau

Karna tak ada yang tak mungkin, semuanya bisa saja terjadi. Yang perlu diperhatikan adalah apa yang kita ingin dapatkan/capai. Identifikasi, lebih spesifik, bagaimana cara mencapainya.

Seberapa percaya diri kita bahwa kita pantas mendapatkannya? Dan kalau kita tak percaya dengan kemampuan diri, itu termasuk rendah diri yang berarti kita belum mencintai diri sendiri.

Berhenti merendahkan diri sendiri

Bagaimana kita merendahkan diri sendiri? Kalau kamu suka bilang, “duh gue bego banget, ya.” Atau, “gue rasa gak mungkin bisa, nih.” Atau, ”gue gak tau deh harus apa dan bagaimana.”

Self-talk sejenis itu menandakan kita sedang merendahkan diri sendiri, dan kita tak berpikir lebih jauh, yang berarti kita tak percaya kemampuan yang kita miliki. Kalau kita sendiri tak yakin dengan diri kita sendiri, bagaimana mau berhasil? Kalau kita tak yakin dengan diri kita, bagaimana orang lain akan yakin dengan kemampuan yang kita miliki?

Kalau kita merendahkan diri kita sendiri, apakah itu artinya kita sudah mencintai diri kita sendiri?

Melakukan kebiasaan yang membuat bahagia

Sejauh ini, kamu sudah merasa mencintai diri sendiri? Atau sudah mengenali diri sendiri? Kalau jawabannya belum, tanyakan apa yang bisa kamu lakukan untuk mencintai dan mengenali diri kamu terlebih dulu.

Related

Psychology 2776233312520014793

Recent

item