Cara Cerdik Los Angeles Mengatasi Kekurangan Air di Musim Kemarau

Cara Cerdik Los Angeles Mengatasi Kekurangan Air di Musim Kemarau

Naviri Magazine - Menebar 96 juta bola hitam di atas lapisan air waduk, mereka sebut ini solusi penting dalam membantu California mengelola bencana kekeringan.

Walikota Los Angeles, Eric Garcetti, memerintahkan penebaran 20.000 bola-bola plastik hitam yang tersisa dari total 96 juta sesuai rencana, ke permukaan waduk kota Sylmar seluas 175 hektar.

Ini merupakan tahap akhir dari proyek fantastis bernilai 34,5 juta dolar AS milik Departemen Air Los Angeles (LADWP), untuk mencoba melindungi kualitas air di kawasan itu .

"Di tengah kekeringan California, dibutuhkan kecerdikan berani untuk memaksimalkan tujuan bagi konservasi air, " kata Garcetti.

Ia mengklaim bahwa inisiatif ini akan menghemat air. "Upaya ini merupakan simbol dari jenis pemikiran kreatif untuk memenuhi tantangan."

Kemarau ancam produksi padi 

Penebaran bola ini disebut sebagai 'Solusi Minim Teknologi' untuk menghemat air. Departemen Air dan Power Los Angeles adalah perusahaan listrik pertama yang memanfaatkan teknologi tersebut untuk perlindungan kualitas air.

Mereka mengklaim, bola plastik yang ditebar menutupi lapisan air waduk akan menghemat 300 juta galon air dari penguapan per tahun. Jumlah ini berasal sekitar 90 persen dari kerugian yang terjadi melalui proses alam.

Menurut LADWP, bola-bola tersebut akan menghemat sekitar 250 juta dolar AS dibandingkan dengan ide lain yang dirancang untuk memiliki efek yang sama, seperti menginstal dua sampul mengambang atau membagi reservoir menjadi dua bagian, yang akan menelan biaya lebih dari 300 juta dolar AS.

Caitrin Phillips Chappelle, associate director di Institut Kebijakan Publik California, mengatakan, "Penguapan dari waduk, terutama selama bulan-bulan musim panas, bisa sangat tinggi, dan mengurangi penguapan bisa menjadi cara mudah untuk menyimpan sejumlah besar air." Dan cara menebar bola-bola ini dapat membantu mengurangi penguapan air.

Bola-bola yang digunakan di Los Angeles terbuat dari density polyethylene tinggi. Ini merupakan senyawa polietilena termoplastik yang terbuat dari minyak bumi, dan dapat didaur ulang.

Seorang pejabat kota memastikan, tidak akan ada resapan bahan kimia dari bola-bola tersebut yang dapat mempengaruhi air.

Negara bagian California telah mengalami bencana kekeringan selama lebih dari empat tahun. Gubernur Jerry Brown menyatakan, krisis air mengakibatkan keadaan darurat.

Related

World's Fact 8931928062102767418

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item