Ternyata Begini Cara Lalat Menempel di Langit-langit Tanpa Jatuh

Ternyata Begini Cara Lalat Menempel di Langit-langit Tanpa Jatuh

Naviri Magazine - Bukan pemandangan aneh kalau kita menyaksikan lalat mendarat di langit-langit rumah kita setelah terbang. Itu salah satu keajaiban lalat, karena untuk mendarat di langit-langit itu dia harus terbang secara terbalik.

Padahal, sama seperti pesawat, lalat akan kehilangan daya angkat ketika melakukan hal semacam itu. Lalu bagaimana lalat bisa melakukannya?

Ketika mendarat di langit-langit, lalat menaikkan kaki-kaki depannya ke atas kepala, menyentuh langit-langit, kemudian ia mengayunkan tubuhnya ke depan sambil bergelantung, dan memajukan kaki-kaki tengah serta belakangnya sampai menyentuh langit-langit pula. Jadi, lalat mendarat di langit-langit dalam posisi berlawanan dengan arah datangnya.

Begitu kedua kaki depannya bersentuhan dengan langit-langit, secara akrobatik lalat akan mengayunkan bagian tubuh lainnya menggunakan momentum terbangnya sendiri untuk berotasi ke langit-langit.

Manuver tersebut memungkinkan tubuh lalat bergelantung terbalik tanpa harus terjungkir atau berguling ke samping—suatu gerak topologis yang sederhana namun menakjubkan.

Related

Science 1228872491203424641

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item