Cara Mengatasi Badan Cepat Lelah dan Pegal karena Faktor Usia

Cara Mengatasi Badan Cepat Lelah dan Pegal karena Faktor Usia

Naviri Magazine - Usia memang tidak pernah bohong. Jika saat ini sedang menginjak usia 30-an, tak jarang tubuh terasa cepat lelah. Padahal aktivitas yang dilakukan sehari-hari pun tidak terlalu berat. Berbeda jika dibandingkan saat usia 20-an, melakukan aktivitas yang dua kali lebih berat justru tidak merasa lelah.

Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W, mengungkapkan, orang dikatakan mulai menua ketika berusia 30-an. Gejala yang dialami biasanya lebih mudah lelah, gampang pegal linu, tubuh terasa kaku, sering merasa tidak enak badan, dan mudah sakit.

Jika tanda-tanda tersebut sudah mulai dirasakan, tandanya gejala awal penuaan terjadi di dalam tubuh. Kira-kira kenapa saat usia 30-an tubuh jadi mudah capek, lelah, dan pegal?

dr. Ervina menjelaskan, hal tersebut bisa terjadi karena adanya penurunan massa otot dan meningkatnya lemak dalam tubuh. Inilah yang membuat massa otot bekerja lebih keras dari biasanya, dan membuat tubuh mudah lelah. Ketika beraktivitas, tubuh akan mudah lelah.

Namun, dr. Ervina juga menegaskan ada faktor lainnya yang mempengaruhi kondisi tubuh menjadi lebih mudah lelah dan pegal. Salah satunya adalah kurangnya asupan nutrisi harian.

"Asupan nutrisi harian yang kurang lengkap dan tidak seimbang memicu terjadinya gangguan kesehatan pada tubuh. Harus ingat bahwa kebutuhan nutrisi orang dewasa bukan hanya kalsium saja," ujar dr Ervina.

dr. Ervina mengatakan, dengan mengetahui apa saja faktor pemicu penuaan, maka kita dapat mengambil langkah pencegahan. Caranya adalah dengan mengurangi merokok dan minuman beralkohol, rutin berolah raga, serta memenuhi kebutuhan nutrisi harian secara lengkap dan seimbang.

Related

Tips 5850738453538639071

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item