Cara Mengatasi Perut Panas Akibat Makan Makanan Pedas

 Cara Mengatasi Perut Panas Akibat Makan Makanan Pedas

Naviri Magazine - Makanan bercita rasa pedas memang menggugah selera. Beragam menu dengan kekuatan rasa pedas juga memiliki daya pikat yang hebat. Hanya saja, usai mengonsumsinya, banyak orang yang mengalami ketidaknyamanan, termasuk perut yang terasa panas dan mulas.

Bagi kamu yang sering makan pedas kemudian mengalami perut panas, harus tahu kalau rasa panas yang kamu rasakan setelah makan pedas disebabkan karena kandungan capsaicin yang terdapat pada cabai.

Agar sakit perut akibat makan pedas bisa segera mereda, berikut cara mengatasi perut panas akibat makan pedas yang bisa kamu lakukan.

Minum susu

Banyak orang yang tahu khasiat minum susu dalam mengatasi masalah pedas ataupun perut panas. Kita bisa menjadikan setengah cangkir susu sebagai “obat” untuk menetralkan asam dari makanan pedas yang kita konsumsi.

Namun perlu dicatat, jangan mengonsumsinya terlalu banyak, karena hal tersebut bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada perut. Cukup minum setengah cangkir susu, dan duduk dalam posisi tegak selama 30 menit.

Berbaring

Cara lain mengatasi perut panas akibat makan pedas adalah dengan berbaring. Kita bisa berbaring telentang, dengan posisi lurus, dan taruh bantal di bawah kepala agar posisi kepala berada 15-20 cm di atas kaki.

Posisi ini dapat meringankan rasa panas pada perut akibat mengonsumsi makanan pedas.

Minum teh peppermint

Setelah mengonsumsi makanan pedas, kita bisa mengonsumsi teh peppermint untuk meredakan rasa panas pada perut.

Hal ini karena pada peppermint terkandung zat anti nyeri yang bisa mengurangi rasa nyeri dan perut panas. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi teh peppermint panas jika mengalami perut panas pasca mengonsumsi makanan pedas.

Mengounsumsi buah/sayuran

Untuk mencegah dan mengatasi perut panas akibat makan pedas, kita disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur, sebelum dan sesudah makan makanan pedas.

Hal ini karena buah dan sayur dapat meluruhkan capsaicin yang terdapat pada cabai, yaitu kandungan yang bisa menyebabkan rasa panas pada perut pasca mengonsumsi makanan pedas.

Yogurt

Mengonsumsi yogurt juga dapat mengatasi perut panas akibat makan pedas. Hal ini karena yogurt mampu membantu meningkatkan jumlah banteri baik di usus, yang mampu membantu melepaskan suhu panas, dan membantu memperlancar pencernaan.

Jadi konsumsi yogurt jika mengalami perut panas, pasca mengonsumsi makanan pedas.

Air kelapa

Air kelapa memiliki banyak manfaat, termasuk dalam mendinginkan perut panas akibat makan makanan pedas. Air kelapa mampu mendinginkan perut karena memiliki sifat basa, sehingga mampu menetralkan kadar asam dalam perut, sekaligus mendinginkan lapisan perut.

Jangan lupa sediakan air kelapa, jika berencana ingin mengonsumsi makanan pedas.

Related

Tips 2339478240621464781

Recent

item