Cara Mengatasi Sesak Napas yang Muncul Tiba-tiba ketika Stres

Cara Mengatasi Sesak Napas yang Muncul Tiba-tiba ketika Stres

Naviri Magazine - Stres dapat memengaruhi berbagai fungsi tubuh, termasuk menimbulkan sesak napas, sekalipun Anda tidak menderita gangguan pernapasan. Bahkan, beberapa di antara mereka mengalami sesak napas hebat, ketika dalam keadaan tertekan.

Stres dan sesak napas yang menyertainya memang tidak bisa dicegah, tapi Anda dapat mencoba meredakannya dengan teknik relaksasi sederhana. Ketika stres mulai melanda, carilah tempat yang tenang untuk membuat diri Anda lebih rileks.

Kemudian, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  • Kencangkan otot-otot tubuh Anda, lalu biarkan rileks kembali.
  • Bayangkan otot-otot Anda mengendur secara perlahan, dan tubuh Anda mulai terasa berat.
  • Kosongkan pikiran Anda dari semua pikiran.
  • Biarkan tubuh Anda semakin rileks.
  • Cobalah merasakan ketenangan di sekitar Anda.
  • Begitu waktu relaksasi hampir usai, kembalikan lagi kesadaran Anda dengan menggerakkan kedua tangan dan kaki. Regangkan tubuh Anda, lalu kembalilah bergerak seperti biasa.

Sesak napas saat stres dipicu oleh pengaruh hormon kortisol dan adrenalin dalam tubuh Anda. Ini merupakan kondisi normal yang akan membaik dengan sendirinya. Anda pun tidak perlu merasa cemas, selama sesak napas hanya terjadi sesekali.

Namun, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter apabila sesak napas berlangsung terus-menerus, atau memperparah gejala penyakit pernapasan yang Anda derita. Pemeriksaan lebih lanjut akan membantu Anda menemukan penanganan yang tepat.

Related

Tips 1908724735263061529

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item