Gobekli Tepe, Bangunan Misterius Zaman Kuno yang Membingungkan

Gobekli Tepe, Bangunan Misterius Zaman Kuno yang Membingungkan

Naviri Magazine - Gobekli Tepe adalah tempat ibadah yang terletak 15 km sebelah timur laut kota Urfa di Turki tenggara.

Situs yang ada di puncak pegunungan terdiri dari 200 pilar, tingginya lebih dari 20 kaki, beratnya lebih dari 20 ton, dan disusun dalam 20 lingkaran. Ada ukiran hewan predator di sejumlah pilar. Kuil ini dianggap sebagai kuil tertua yang pernah ada di dunia.

Gobekli Tepe dibangun lebih dari 13.000 tahun yang lalu, 8.000 tahun lebih dulu dari Stonehenge. Diperkirakan dibangun oleh manusia pemburu dan peramu yang selama ini ‘dituduh’ tak punya sistem simbolik yang kompleks, hierarki sosial, dan pembagian kerja.

Bagaimana manusia neolitik yang nomaden berhasil mengatur pembagian kerja kerja untuk menyelesaikan situs ini? Mengapa itu dibangun? Masih jadi teka-teki.

Andrew Collins, dalam buku Gobekli Tepe: Genesis Of The Gods, beranggapan bahwa orang-orang yang ikut terlibat dalam pembangun Gobekli Tepe berasal dari budaya Swiderian.

Budaya Swiderian sangat maju, termasuk di antaranya menguasai teknologi alat batu yang canggih, berasal dari nenek moyang mereka. Nenek moyang Swiderian mungkin berasal dari Gravettian Timur, yang berkembang antara tahun 30.000 hingga 19.000 SM, yang saat ini dikenal sebagai Republik Ceko.

Related

Science 8103623860281734326

Recent

item