Hadapi Diabetes dengan Penanganan yang Tepat

Hadapi Diabetes dengan Penanganan yang Tepat

Diabetes, merupakan salah satu penyakit yang seringkali kita jumpai. Penyakit ini cukup umum dijumpai di Indonesia karena kebiasaan hidup atau pola hidup yang umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah ini bisa menyerang setiap orang meski umumnya dialami oleh orang tua. Tak hanya itu, diabetes juga bisa menjadi komplikasi apabila tidak dirawat sejak dini.

Namun, sudah tahukah Anda cara untuk merawat pasien diabetes? Sebab, merawat pasien diabetes tidak sekadar mencari obat di apotik terdekat saja melainkan juga harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Atur Pola Makan Secara Rutin

Pola makan sangat menentukan bagaimana kadar gula dalam tubuh seseorang. Saat pola makan Anda dibuat teratur, maka kadar gula dalam darah akan lebih terjaga. Termasuk dalam hal pengaturan pola makan secara rutin setiap harinya.

Usahakan untuk selalu membuat jadwal mengenai jadwal makan setiap harinya. Penderita diabetes sebaiknya tidak melewatkan momen sarapan, makan siang dan makan malam untuk mengembalikan energi dalam tubuhnya. Usahakan untuk makan di waktu yang sama setiap harinya agar proses pencernaan jadi lebih teratur. Pengaturan pola makan yang dibuat secara rutin sangat berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah agar tetap berada pada batas yang wajar.

Perbanyak aktivitas fisik

Mengatur pola makan dan asupan nutrisi yang dikonsumsi setiap harinya saja tidak cukup untuk menyembuhkan seseorang dari penyakit diabetes. Untuk mengatur kadar gula darah agar bisa menurun dan tidak meningkat cepat, maka sebaiknya perbanyaklah aktivitas fisik.

Melakukan aktivitas fisik telah teruji mampu menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya dalam kondisi normal. Selain itu, tubuh juga akan lebih peka terhadap insulin sehingga bisa membuat penyakit diabetes perlahan-lahan sembuh dengan sendirinya. Anda bisa melakukan aktivitas fisik ringan seperti senam aerobik atau sekadar jogging pada pagi hari. Luangkan waktu sekitar 30 menit setiap 2-3 kali seminggu agar tubuh bisa berkeringat dan menjadi lebih sehat.

Referensi artikel: https://www.guesehat.com/luka-lama-sembuh

Related

Health 3780739857243285808

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item