Ini 3 Tujuan Menikah Dalam Pandangan Islam, Sesuai Hadist Nabi

Ini 3 Tujuan Menikah Dalam Pandangan Islam, Sesuai Hadist Nabi

Naviri Magazine - Tujuan menikah, menurut pandangan Imam Ghazali di dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin, adalah untuk beribadah kepada Allah.

Hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW: "Barangsiapa yang sudah melaksanakan perkawinan, maka dia telah membentengi setengah agamanya, maka bertakwalah kepada Allah dari separuh lainnya."

Pernikahan juga dapat menggandakan nilai pahala sebuah ibadah. Shalat jama'ah seorang yang berkeluarga akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah. Mencari nafkah untuk istri dan keluarga, bersabar dengan akhlak mereka yang kurang baik, bersabar di dalam mendidik anak, semua juga mengandung pahala yang sangat besar.

Tujuan menikah dan niat yang benar yaitu beribadah kepada Allah. Maka Allah akan menjaga keutuhan rumah tangga.

Tujuan kedua menikah adalah taksiru al-asir, atau memperbanyak kekeluargaan. Pernikahan adalah meneruskan kelangsungan hidup manusia di muka bumi. Ini selaras dengan perintah Nabi dalam hadits yang diriwayatkan Ahmad: "Kawinlah kalian, supaya kalian berketurunan."

Dalam redaksi hadits yang lain, Nabi Muhammad juga bersabda: “Kawinlah kalian sehingga kalian akan banyak, karena sesungguhnya aku akan membanggakan kalian kepada umat yang lain pada hari kiamat, walaupun dengan bayi yang gugur.”

Tujuan selanjutnya adalah thalabul syafaat (meminta pertolongan) dari anak. Jika anak Adam meninggal, maka putuslah amalnya kecuali tiga hal, di antaranya anak shaleh yang selalu mendoakannya.

Bahkan sebagian ulama mengatakan, walaupun anak itu tidak shaleh namun bila berdoa maka akan bermanfaat untuk orang tuanya. Orang tua juga bisa mendapatkan syafa’at dari anaknya jika meninggal sebelum baligh.

Related

Relationship 7039711493793421871

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item