Ini 8 Hal yang Bisa Membuat Tubuh Selalu Lemas dan Letih

Ini 8 Hal yang Bisa Membuat Tubuh Selalu Lemas dan Letih

Naviri Magazine - Rasa lelah biasanya muncul setelah kita beraktivitas. Tapi ternyata, meski kita sudah mengambil jeda dan beristirahat, rasa lelah kadang tak juga hilang.

Tahukah Anda, rasa lelah bukan hanya disebabkan karena aktivitas fisik. Dehidrasi dan kurang tidur juga dapat membuat tubuh seperti kehabisan energi. Berikut uraiannya.

Kurang tidur 

Kurang tidur menjadi salah satu alasan utama. Perlu Anda ketahui bahwa tidur tak hanya sekadar istirahat dan memejamkan mata. Saat tidur, terjadi produksi hormon pertumbuhan dalam tubuh oleh kelenjar hipofisis. Hormon ini yang membuat otot Anda tetap sehat, dan menjaga tulang tetap kuat.

Hal ini pun mempengaruhi tubuh untuk mengumpulkan lemak, dan membantu penyeimbangan rasio kolesterol baik dan jahat. Tidur yang cukup, sekitar 7-8 jam, akan membantu stamina Anda tetap baik, dan bermanfaat bagi fungsi otak.

Terlalu banyak konsumsi junk food 

Penelitian menunjukkan bahwa makanan siap saji dapat membuat biologis tubuh menjadi lamban. Umumnya, junk food mengandung gula yang tinggi. Konsumsi gula memang paling cepat meningkatkan energi. Namun, untuk jangka panjang, konsumsi gula bisa menjadi penyakit.

Kurang minum air putih 

Banyak orang yang tidak menyadari ketika lemas karena dehidrasi. Jika tubuh merasa lemas, bukan gula yang Anda butuhkan, tetapi segelas air putih. Banyaklah minum air putih yang juga akan menjaga tenggorokan Anda tidak kering sepanjang hari.

Perhatikan urin Anda. Jika berwarna kuning atau kuning gelap, tandanya Anda kurang minum air putih.

Kurang vitamin B 

Anda perlu vitamin B untuk membantu mitokondria mengubah glukosa menjadi energi. Vitamin B bisa didapat dalam bentuk cair atau pil, jika tidak cukup didapat dari konsumsi makanan Anda.

Cobalah konsumsi vitamin B pada pagi dan sore hari, untuk menjaga tubuh Anda tetap berenergi.

Tubuh terinfeksi 

Infeksi dan inflaminasi bisa menjadi penyebab tubuh Anda merasa lemas. Misalnya, Anda menderita peradangan pada kelenjar prostat, vaginitis, dan infeksi usus.

Gunakan  probiotik untuk mengobatinya. Untuk mencegah infeksi virus, terapkan pola hidup bersih dan sehat, seperti sering mencuci tangan.

Tubuh kurang gerak 

Tubuh kurang bergerak juga bisa membuat Anda merasa lemas. Agar tubuh lebih berenergi, lakukanlah aktivitas sederhana seperti berjalan kaki.

Ketika bergerak, oksida nitrat yang dilepaskan lapisan arteri dapat memperlancar aliran darah. Hal ini pun membantu Anda mendapat lebih banyak nutrisi ke sel-sel tubuh Anda.

Gangguan hormon 

Hormon juga menjadi salah satu faktor yang membuat tubuh kurang berenergi. Salah satu penyebabnya adalah tidak optimalnya fungsi kelenjar adrenal yang melepas hormon adrenalin.

Resistensi insulin 

Sel-sel tubuh memerlukan gula untuk mendapatkan energi. Insulin dibutuhkan untuk menjaga agar glukosa tetap berada di dalam sel.

Namun, jika tubuh mengalami resistensi insulin, maka sel-sel tidak dapat merespons insulin dengan baik. Hal ini juga menyebabkan seseorang terkena diabetes, dan tubuh sering merasa kurang berenergi.

Related

Health 5261470991555151111

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item