Ini 9 Fakta Menarik dan Menakjubkan Seputar Tata Surya Kita

 Ini 9 Fakta Menarik dan Menakjubkan Seputar Tata Surya Kita

Naviri Magazine - Bumi adalah salah satu planet di antara planet-planet lain di dalam tata surya. Masing-masing planet berotasi dan berputar mengelilingi Matahari. Bedanya, ada planet yang berotasi dengan cepat, ada pula planet yang berotasi dengan lambat. Bumi yang kita tinggali berotasi selama 24 jam, yang kemudian terbagi menjadi siang (12 jam) dan malam (12 jam).

Berikut ini adalah sembilan fakta menarik dan menakjubkan seputar tata surya, yang akan menambah wawasan kita.

1. Venus, sang Dewi Cinta, adalah planet yang paling terang di tata surya kita.

2. Meskipun berukuran dan mempunyai gaya gravitasi yang sama dengan planet Bumi, atmosfer Venus penuh dengan asam sulfur yang mematikan.

3. Tertutupi oleh lapisan tipis batu-batuan, Merkurius adalah sebuah bola besar yang terbuat dari besi, dan mempunyai gaya tarik yang kuat untuk planet seukurannya.

4. Magnet yang paling kuat di jagad raya adalah Magnetar, suatu bintang neutron yang langka. Sampai saat ini baru ditemukan 10 penemuan Magnetar.

5. Matahari kita sangat jauh jaraknya, sehingga jika bahan bakarnya telah habis, kita tidak akan menyadarinya sampai 8 menit kemudian.

6. Planet merah, Mars, tidak mempunyai lapisan ozon dan tidak memiliki pelindung apa pun terhadap sinar ultraviolet. Hal ini membuatnya tidak dapat ditinggali manusia.

7. Dengan meneliti meteorit-meteorit yang ditemukan di Bumi, kita dapat mengetahui bahwa umur planet Bumi adalah 4,6 milyar tahun.

8. Planet Jupiter berputar pada porosnya (berotasi) dengan kecepatan yang menakjubkan, sehingga menimbulkan angin dengan kecepatan ratusan mil per jam di atmosfernya.

9. Planet Saturnus adalah sebuah bola raksasa yang terbuat dari gas, sehingga planet ini dapat mengapung di atas air.

Related

Science 7012319672862860481

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item