Ini Penyebab Manusia Tidak Bisa Melihat Malaikat

  Ini Penyebab Manusia Tidak Bisa Melihat Malaikat

Naviri Magazine - Di antara salah satu hal yang harus diimani seorang mukmin adalah keberadaan malaikat yang memiliki berbagai tugas dari Allah swt. Baik yang berhubungan langsung dengan manusia ataupun dengan makhluk lain.

Dalam kitab Al-Jawahir al-Kalamiyyah, Syaikh Thahir bin Shalih al-Jazairi menerangkan bahwa malaikat adalah:

“Makhluk Allah swt yang tercipta dari cahaya dalam bentuk jisim halus, malaikat tidak makan dan tidak minum. Mereka adalah makhluk mulia yang taat kepada Allah, dan tidak pernah melanggar apa yang diperintahkan.”

Sesama makhluk yang diciptakan oleh Allah swt, wajar jika manusia ingin mengetahui makhluk yang diceritakan penuh kemuliaan, makhluk yang pernah mengawal dan selalu setia menemani Rasulullah saw, baik dalam suka maupun duka. Pertanyaannya, mungkinkah manusia dapat berjumpa dengan malaikat? Mengenai hal ini, Syaikh Thahir al-Jazairi melanjutkan keterangannya bahwa:

“Manusia tidak bisa melihat bentuk asli malaikat, kecuali para nabi. Karena, sebagaimana diterangkan di atas, malaikat tercipta dari jisim halus (jismin lathifin) seperti udara di dalam ruangan, yang tidak dapat dilihat dengan mata (tetapi bisa dirasa kehadirannya).

“Namun apabila malaikat mewujudkan dirinya dalam bentuk raga kasar (jismin katsifin) sebagaimana manusia, maka semua orang bisa melihatnya. Adapun kemampuan para nabi melihat malaikat dalam bentuknya yang asli (jisim halus) tidak lain merupakan kekhusushan yang diberikan Allah swt kepada mereka, guna menyelesaikan berbagai masalah keagamaan dan hukum-hukum syariah.”

Related

Moslem World 6582239911726730298

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item