Ngeri, Jakarta Masuk Sebagai Kota Paling Berpolusi di Dunia

Ngeri, Jakarta Masuk Sebagai Kota Paling Berpolusi di Dunia

Naviri Magazine - Statistik dari Air Visual menyebut Jakarta sebagai kota peringkat 10 berpolusi di dunia dengan skor AQI 147. Angka tersebut didapat dengan membandingkan kota-kota besar di dunia. Sementara statistik kota berpolusi di Indonesia pada tanggal yang sama dipegang oleh Pamulang, Parung, Sawangan dengan skor AQI 177.

Kemudian disusul Cileungsi, Ciputat, Palembang, Ciampea, Cibinong, Citeureup, dan Serpong dengan AQI terendah sebesar 167. Jika melihat sepuluh besar kota berpolusi di Indonesia, peringkat dunia Jakarta pun masih berada di bawah Serpong. Polusi kota-kota tersebut kebanyakan berasal dari pipa asap pembuangan pabrik dan knalpot kendaraan.

International Agency for Research on Cancer (IARC) membenarkan bahwa polusi udara luar adalah salah satu faktor penyebab kanker. Laman Cancer Research menyebutkan polusi udara luar terdiri dari campuran partikel kecil seperti debu dan zat di udara.

“Paparan polusi udara jadi faktor pemicu kanker paru dan memperpendek kelangsungan hidup orang dengan kanker paru,” tulis sebuah penelitian yang terbit di Jurnal Thorax.

Indonesia mencatatkan posisi di peringkat kedelapan untuk angka kejadian penyakit kanker di Asia Tenggara. Angka kejadian tertinggi kanker laki-laki di negara ini dipegang oleh kanker paru, sebesar 19,4 per 100 ribu penduduk dengan rata-rata kematian 10,9 per 100 ribu penduduk.

Related

World's Fact 289712561662148616

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item