Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Sikat Gigi Manual

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Sikat Gigi Manual

Naviri Magazine - Sejak pertama kali diciptakan pada 1930-an, sikat gigi terus mengalami perubahan dan perbaikan, bahkan modernisasi. Selain bentuknya yang makin bagus dan mudah digunakan, kini bahkan sudah ada sikat gigi elektrik, yang memungkinkan penggunanya membersihkan gigi dengan lebih mudah.

Sikat gigi apa yang Anda gunakan saat ini? Masih menggunakan sikat gigi manual, atau sikat gigi elektrik? Berikut ini adalah uraian mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan sikat gigi manual.

Kelebihan

1. Efektif membersihkan gigi, jika dilakukan dengan teknik yang tepat

Menyikat gigi sampai benar-benar bersih hanya membutuhkan waktu dua menit, dan kebersihan mulut dan gigi yang optimal bisa tercapai hanya dengan sikat gigi biasa. Tidak perlu khawatir akan tindakan keliru, karena semuanya dikendalikan secara manual.

Tekanan saat menggenggam sikat gigi diatur sendiri, sehingga tekanan pada gigi tidak berlebihan, dimana tekanan yang berlebihan pada gigi dapat mengikis lapisan enamel gigi, menyebabkan rasa sakit, peningkatan sensitivitas gigi, dan peningkatan risiko pembusukan gigi.

2. Murah dan praktis

Dengan sikat gigi manual, yang dibutuhkan untuk menjaga higienis sikat itu sendiri hanyalah perlu penutup kepala sikat, dimana beberapa produk sikat gigi manual di pasaran sudah dilengkapi dengan fitur ini.

Sikat gigi manual tergolong murah dan dapat diperoleh di mana saja. Yang harus diingat hanya sikat gigi rutin diganti setiap tiga bulan sekali.

3. Banyak variasi produk

Sikat gigi manual tersedia dalam beberapa pilihan model dengan beragam fungsi, jenis bulu sikat, bentuk kepala, hingga warna yang bebas Anda pilih sesuka hati.

Pemilih bulu sikat gigi yang halus lembut untuk gigi sensitif, dan kepala sikat yang kecil jika mulut kecil. Beberapa merek sikat gigi manual pun menyediakan versi anak-anak dari fungsi dan model yang sama.

Kekurangan

1. Perlu tenaga dan waktu ekstra. Sikat gigi manual bergantung pada penggunanya untuk bisa efektif membersihkan plak di gigi. Selain harus memahami benar teknik menggosok gigi yang efektif, ada usaha untuk menggerakkan sikat bolak-balik di dalam mulut hingga gigi bersih.

Yang jadi masalah, terkadang karena diburu waktu, mengosok gigi pun sekadarnya saja sehingga tidak bersih.

2. Selain itu, saat menggunakan sikat gigi manual, penggunanya harus mengira-ngira berapa lama waktu menyikat gigi. Terlalu lama berisiko gusi berdarah dan gigi rusak akibat pengelupasan enamel.

Related

Health 6190174197758141626

Recent

item