Kisah Sukses Michael Dell, dari Jualan Komputer Menjadi Miliuner

 Kisah Sukses Michael Dell, dari Jualan Komputer Menjadi Miliuner

Naviri Magazine - Michael Dell adalah pendiri Dell Inc (dulu Dell Computer Corporation). Kisah sukses Michael Dell sebagai CEO Dell Inc tidak datang secara cepat dan instan, tapi butuh banyak waktu dan pengorbanan. Dell pernah drop out dari kampus, setelah hanya kuliah selama satu tahun.

Dulunya, ia kuliah hanya untuk menjadi penjual komputer. Namun, meski hanya penjual komputer, ia mampu mendirikan perusahaan "PC's Limited" (1984).

Bernama lengkap Michael Saul Dell, ia dilahirkan pada 23 Februari 1965 di Houston. Kedua orang tua Dell bekerja sebagai manajer bank. Dell sangat tertarik pada komputer, walaupun saat itu orang tuanya menginginkan Dell menjadi seorang dokter.

Ketertarikan Dell pada komputer sejak muda, membuatnya meninggalkan bangku kuliah di University of Texas sebagai seorang calon dokter. Dell lebih menyukai bisnis dan memulai bisnisnya sendiri pada usia 19 tahun.

Pada 1984, perusahaan Dell terdaftar sebagai "PC's Limited". Beroperasi dari kondominium, perusahaan itu menghasilkan antara $50.000 dan $80.000 dalam bidang upgrade PC, peralatan, dan add-on komponen.

Setelah itu, "Dell Computer Corporation" pindah ke pusat bisnis di North Austin. Nama "Dell Computer Corporation" berubah menjadi "Dell Inc" saat pindah ke wilayah bisnis lain. Dell Inc sekarang memiliki berbagai produk, termasuk memperluas sistem hiburan rumah dan perangkat pribadi.

Pada 1992, di usia 27 tahun, Dell menjadi CEO termuda dalam daftar majalah Fortune dari 500 perusahaan teratas. Pada 1996, Dell mulai menjual komputer melalui web, dan di tahun yang sama perusahaan itu meluncurkan server pertamanya.

Kesuksesan yang dicapai tidak menjadikan Dell orang yang enggan berbagi. Malah sebaliknya, jiwa sosialnya sangat tinggi, dan ini menjadi kisah sukses Michael Dell yang sebenarnya. Dell menggunakan sebagian kekayaannya untuk kegiatan amal, dan telah memulai "Michael & Susan Dell Foundation" dengan istrinya, Susan. Organisasi ini memiliki komitmen untuk meningkatkan kehidupan anak-anak di Amerika Serikat maupun internasional.

Sebuah surat dari Susan dan Michael Dell menyatakan bahwa peran yayasan ini adalah untuk fokus pada "pendidikan yang berkualitas dan kesehatan yang baik bagi anak-anak. Kami menyadari bahwa masalah tersebut secara langsung terhubung. Jika anak-anak memiliki sarana yang diperlukan untuk merawat badan dan pikiran sekarang, potensi untuk sukses di masa mendatang sangat meningkat."

Dell dan Keluarga kini tinggal di salah satu rumah terbesar di Austin, Texas, yang menjadi salah satu dari 15 rumah terbesar di dunia.

Related

Figures 1820158620755539621

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item